Pemberdayaan masyarakat Kota melalui program kawasan bebas sampah: Studi deskriptif di Kampung Kreatif Cibunut RW 07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Lusi, Hani (2019) Pemberdayaan masyarakat Kota melalui program kawasan bebas sampah: Studi deskriptif di Kampung Kreatif Cibunut RW 07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan permasalahan lingkungan hidup yang kerap kali menimbulkan dampak negatif bagi manusia. Sejak tahun 2013 Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Bandung hadir dan mencoba meminimalisir permasalahan tersebut dengan mengadakan program Kawasan Bebas Sampah bagi wilayah kota yang membutuhkan pendampingan lebih dalam aspek lingkungannya. Selain itu, masyarakatnya pun diharapkan bisa menjadi pribadi yang berdaya dalam semua aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui realitas tentang upaya yang dilakukan fasilitator DLHK dalam pemberdayaan masyarakat, proses pelaksanaan program, dan hasil pemberdayaan yang didapat oleh masyarakat melalui program Kawasan Bebas Sampah, serta untuk mengetahui berbagai kendala yang dihadapi sehingga hari ini bisa menjadi masyarakat yang berdaya. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teori Lippit tentang perubahan berencana bahwa perubahan berencana adalah suatu perubahan yang diperoleh dari keputusan yang menginginkan adanya perbaikan sistem kehidupan secara personal ataupun sistem sosial dengan bantuan profesional dari luar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitaif yaitu menggali kondisi dilapangan mellaui pengamatan yang akurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pendekatan yang dilakukan fasilitator DLHK dengan cara kaderisasi, pengorganisasian, penyadaran, dukungan teknis, dan pengelolaan sistem yang baik. Kemudian proses pelaksanaan program Kawasan Bebas Sampah tidak hanya berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat didalamnya, akan tetapi meningkatkan solidaritas dan kekeluargaan antar RT. Lalu, hasil pemberdayaan masyarakat kota melalui program Kawasan Bebas Sampah bisa dilihat dengan adanya pengolahan sampah organik dan anorganik, banyaknya prestasi dan penghargaan yang didapat serta terjadi peningkatan dalam segi ekonomi, pendidikan, kesehatan, bahkan spiritualitas. Secara umum, penelitian ini bisa disimpulkan bahwa adanya program Kawasan Bebas Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat memberdayakan masyarakat kota dalam semua aspek kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolaan Lingkungan Hidup;
Subjects: Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hani lusi lusi
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:58
Last Modified: 24 Oct 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26088

Actions (login required)

View Item View Item