Tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan jurusan Pendidikan Agama Islam terhadap program tahsin hubungannya dengan kemampuan mereka dalam baca tulis Al-Quran

Zein, Jody Maulvi Aziz (2017) Tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan jurusan Pendidikan Agama Islam terhadap program tahsin hubungannya dengan kemampuan mereka dalam baca tulis Al-Quran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, informasi yang diperoleh dari lembaga tahsin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan bahwa program tahsin telah diterapkan dengan baik, sesuai dengan lagkah-langkahnya. Namun terlihat adanya kesenjangan antara teori dengan kenyataan di lapangan, dimana belum terlaksananya program tahsin secara optimal. Seolah-olah pelaksanaan program tahsin tersebut tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam membaca dan menulis Al-Quran. Dengan adanya fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung fakultas tarbiyah dan keguruan jurusan PAI terhadap program tahsin hubungannya dengan kemampuan mereka dalam baca tulis Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung fakultas tarbiyah dan keguruan jurusan PAI terhadap program tahsin, realitas kemampuan mereka dalam baca tulis Al-Quran dan realitas hubungan antara tanggapan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung fakultas tarbiyah dan keguruan jurusan PAI terhadap program tahsin dengan kemampuan mereka dalam baca tulis Al-Quran. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik bahwa tanggapan merupakan kesan yang tertinggal dalam ingatan mahasiswa setelah ia melakukan pengamatan pada saat mengikuti proses pembelajaran, dan Kemampuan merupakan kesanggupan, kecakapan dan kekuatan atau kemampuan dapat diartikan sebagai daya serap. Jika mahasiswa menanggapi proses pembelajaran secara baik, kemudian memunculkan dorongan pada diri mahasiswa dengan tanggapan yang positif, maka mahasiswa akan menghasilkan kemampuan yang baik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket, observasi, wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan mahasiswa terhadap program tahsin termasuk kategori tinggi, hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 3,95 yang berada pada rentang interval 3,40 - 4,19. Kemampuan baca tulis Al-Quran mahasiswa juga baik, yaitu skor rata-rata 75 yang berada pada rentang 70-79. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan mahasiswa terhadap program tahsin dengan kemampuan baca tulis Al-Quran mereka, tergolong kualifikasi rendah yaitu 0,3. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 8%, dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 92% yang dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam baca tulis Al-Quran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tarbiyah; Tahsin; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:46
Last Modified: 26 Dec 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item