Implementasi kebijakan peraturan menteri perdagangan Republik Indonesia nomor 37 tahun 2017 tentang pedoman pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan: Studi kasus revitalisasi pasar tradisional di Pasar Sarijadi Kota Bandung

Hastuti, Fuzi (2019) Implementasi kebijakan peraturan menteri perdagangan Republik Indonesia nomor 37 tahun 2017 tentang pedoman pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan: Studi kasus revitalisasi pasar tradisional di Pasar Sarijadi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional mempunyai peranan yang sangat strategis dalam rangka peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja, untuk itu diperlukan upayaupaya dalam rangka peningkatan daya saing pasar tradisional demi menjaga keberadaan psar tradisional yang ada di Indonesia. Namun, saat ini keberadaan dan peran pasar tradisional mengalami penururnan seiring dengan pesatnya perkembangan pasar modern. Permasalahan yang diteliti adalah Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembangunan Dan Pengelolaan Sarana Perdagangan (Studi Kasus Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Sarijadi Kota Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional, kendala dan upaya dalam implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan Teori Marille S. Grindle, bahwa keberhasilan implementasi kebijakan publik dipengaruhi dua variabel yang fundamental, yakni isi kebijakan (content of policy) dan lingkungan implementasi (context of implementation). Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposif. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif, dimana komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan secara bersamaan selanjutnya komponen tersebut berinteraksi untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pembangunan Dan Pengelolaan Sarana Perdagangan (Studi Kasus Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Sarijadi Kota Bandung) belum sesuai dengan peraturan menteri perdagangan yang tercantum, tetapi dalam pelaksanaanya adanya faktor kendala yang terletak pada Tipe Manfaat, Derajat Perubahan yang ingin dicapai, pelaksana program. Sedangkan dari sisi variabel konteks implementasi, faktorfaktor yang menghambat adalah tingkat kepatuhan dan responsivitas kelompok sasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Pasar Tradisional; Revitalisasi
Subjects: Social Process
Public Administration
Commerce, Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Fuzi Hastuti
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:25
Last Modified: 01 Nov 2019 02:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26131

Actions (login required)

View Item View Item