Penggunaan Metode Eklektik untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf arab (Kitabah) siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung

Nurapipah, Lutpi (2019) Penggunaan Metode Eklektik untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf arab (Kitabah) siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi di kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung pada keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab yang masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 76. Permasalahan ini terjadi karena guru masih menggunakan metode konvensional pada setiap pembelajaran dikelas sehingga berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penggunaan metode eklektik untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan menulis siswa sebelum menggunakan metode eklektik. (2) proses pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode eklektik. (3) keterampilan menulis siswa setelah menggunakan metode eklektik. Penelitian ini bertolak pada kerangka berfikir bahwa keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada metode yang digunakan guru pada proses pembelajaran, salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu metode eklektik. Berdasarkan hal tersebut penerapan metode eklektik diduga dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menempuh dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, penilaian produk dan dokumentasi. Objek penelitian adalah 30 orang siswa kelas IV MI Ibrahim Ulul Azmi Cileunyi Bandung. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) keterampilan menulis siswa sebelum menggunakan metode eklektik masih rendah dengan nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 30%. 2) proses penggunaan metode eklektik berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru adalah 79,2% dan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 64,5%. Dan pada siklus II nilai rata-rata aktivitas guru adalah 96% dan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus II adalah 93%. 3) keterampilan menulis siswa setelah menggunakan metode eklektik dengan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode drill (latihan), metode imla, dan metode langsung, mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik; Keterampilan Menulis; Bahasa Arab
Subjects: Arabic
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lutpi Nurapipah
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:30
Last Modified: 07 Nov 2019 07:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item