Pengaruh utang bank dan utang usaha terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2011-2018

Wibowo, Teguh Ari (2019) Pengaruh utang bank dan utang usaha terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT. Global Mediacom Tbk. periode 2011-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga keuangan merupakan intermediasi dalam lalu lintas keuangan yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah lembaga keuangan non bank berupa pasar modal yang ada di Bursa Efek Indonesia. Kegiatan pasar modal di Indonesia dapat dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan dapat pula dilakukan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Ketika memilih alternatif pendanaan untuk membiayai kegiatan perusahaan, maka yang akan menjadi pertimbangan adalah bagaimana perusahaan dapat menciptakan kombinasi yang menguntungkan antara penggunaan dana dari modal saham dengan dana yang berasal dari utang. Melihat hat terebut, peneliti tertarik untuk menganalisis hubungan Utang Bank dan Utang Usaha terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek di PT. Global Mediacom Tbk yang menjadi obyek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Utang Bank terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Global Mediacom Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Utang Usaha terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Global Mediacom Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Utang Bank dan Utang Usaha terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek PT. Global Mediacom Tbk secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Global Mediacom Tbk periode 2011-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 23.0 dan microsoft excel 2007 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Utang Bank terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek adalah 0,362 atau 36,2% dan pengaruh Utang Usaha terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek adalah 0,071 atau 7,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Utang Bank dan Utang Usaha 0,537 atau 53,68% berpengaruh terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek, sedangkan sisanya 46,32% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 2,898 dengan tingkat signifikan 0,146%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi tidak signifikan antara Utang Bank dan Utang Usaha terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Utang Bank; Utang Usaha; Total Liabilitas Jangka Pendek
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Teguh Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:27
Last Modified: 04 Nov 2019 02:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26228

Actions (login required)

View Item View Item