Peran program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Ranjeng Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang

Ayun, Yuliana Qurrota (2019) Peran program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga: Studi deskriptif di Desa Ranjeng Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Menyandang status keluarga miskin bukanlah keinginan bagi setiap orang, tetapi keadaanlah yang memaksakan mereka untuk menjalani hidup sebagai keluarga miskin. Hal ini dikarenakan pendapatan mereka tidak sesuai dengan pengeluaran mereka tapi kebutuhan hidup yang semakin hari nya semakin bertambah.Maka dari itu mereka kurang memperhatikan betapa pentingnya pendidikan dan kesehtannya. Untuk mengatasi permasalahan mengenai kemiskinan di Indonesia ini pemerintah mengadakan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses dan pelaksanaannya yang dilakukan dan hasil dari adanya program tersebut dalam mingingkatkan kesejahteraan setiap keluarga di Desa Ranjeng. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran tentang teori pemberdayaan menurut Edi Suharto bahwa pemberdayaan adalah serangkai kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau kebudayaan kelompok lemah dalam kemasyarakat, termasuk individu-individu yang mengalami masalah kemiskinan. Maka pemberdayaan ini menujukan pada keadaan yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial, yaitu masyarakat yang berdaya, mempunyai kekuasaan, pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik,ekonomi maupun sosial seperti memiliki percaya diri, maupun menyampaikan aspirasi,mempunyai mata pencarian, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan mandiri melaksanakan tugas-tugas kehidupannya. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui tiga tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data danverifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: latar belakang dari adanya Program Keluarga Harapan ini berawal karena banyaknya masyarakat di Desa Ranjeng yang kurang dalam segi ekonominya, banyak sekali anak-anak yang putus sekolah dan ibu hamil serta balita gizinya tidak terpenuhi sehingga Desa Ranjeng terpilih dari PKH ini. Pelaksanaan Program Keluarga harapan ini ada lima tahapan yaitu: validasi data, pertemuan awal, verifikasi pendidikan, verifikasi kesehatan dan pemutakhiran, selain itu setiapsebulan sekali ada pertemuan kelompok untuk memberikan materi-materi dari pendamping lapangan untuk KPM. Hasil dari adanya PKH ini meningkatkan taraf hidup hidup khusunya dalam hal pendidikan dan kesehatan masyarakat di Desa Ranjeng. Namun, dampak buruknya dari adanya program ini masyarakat menjadi ketergantungan dengan adanya bantuan tersebut, hal ini dikarenakan Progam Keluarga Harapan di Desa Ranjeng belum ada tindak lanjut mengenai pelatihan-pelaihan pemberdayaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan Keluarga.
Subjects: Culture and Institutions > Family
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuliana Qurrota Ayun
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:53
Last Modified: 25 Oct 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item