Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab di luar sekolah: Studi kasus di Kelas X SMA Mekar Arum Bandung

Ramadhan, Syahrul (2019) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab di luar sekolah: Studi kasus di Kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari realita yang terjadi di SMA Mekar Arum Bandung, yang mana sebagian peserta didik wanita yang beragama islam hanya menggunakan jilbab ketika di lingkungan sekolah saja, akan tetapi ketika di luar lingkungan sekolah mereka tidak mengimplementasikan apa yang telah diajarkan di sekolah diantaranya tentang kewajibab menutup aurat, ini karena kurangnya pemahaman para siswi akan pentingnya menutup aurat, akibat keadaan tersebut maka kesadaran dalam menutup aurat ini tentu merupakan permasalahan yang perlu dicari penyelesaian secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran, faktor pendukung dan faktor penghambat, cara guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam memotivasi, dan untuk mengetahui keberhasilan guru PAI dalam melaksanakan perannya memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab di luar sekolah SMA Mekar Arum Bandung. Jilbab dapat diartikan sebagai pakaian luar yang bisa dikenakan seorang perempuan sebagai pelindung agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. Bahaya yang dimaksud adalah bahaya alamiah dan bahaya sosiologis. Bahaya alamiah adalah bahaya yang berkaitan dengan kondisi alam, sedangkan bahaya sosiologis adalah bahaya yang disebabkan oleh pakaian yang dikenakan yang dapat menimbulkan perilaku tidak menyenangkan atau tindak kejahatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kerena peneliti menganggap permasalahan yang di teliti cukup kompleks dan dinamis, metode yang digunakan yakni interfiew langsung dengan para narasumber. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan rancangan studi kasus tunggal, yakni suatu penelitian yang mana arah penelitiannya terpusat pada satu kasus atau satu fenomena saja. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara langsung dengan narasumber, observasi di lingkungan sekolah, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam memotivasi dengan menggunakan pendekatan ataupun metode teoritis dalam mewujudkan tujuan yang dikehendaki, pada pelaksanaannya guru PAI memotivasi siswinya untuk menggunakan jilbab di luar sekolah terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Diketahui bahwa guru PAI sangat berperan dalam memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab. Adapun hasil dari pengintegrasian tujuan penggunaan jilbab di luar sekolah diantaranya adalah para siswi menjadi lebih mentaati perintah agama, dengan berjilbab para siswi akan berpikir panjang untuk bersifat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam, terhindar dari bahaya alamiah dan bahaya sosiologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Jilbab
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Ramadhan
Date Deposited: 25 Oct 2019 09:09
Last Modified: 25 Oct 2019 09:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item View Item