Peran tokoh kampung adat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat:Studi deskriptif terhadap Kampung Adat Desa Cireundeu Kota Cimahi

Andriawan, Andis (2019) Peran tokoh kampung adat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat:Studi deskriptif terhadap Kampung Adat Desa Cireundeu Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Kampung adat Cireundeu merupakan sebuah perkampungan yang terkenal dengan keunikan warga adatnya yang tidak mengkonsumsi nasi sebagai bahan pokok mereka dan untuk kebutuhan pangan sehari – hari mereka memakan rasi yang terbuat dari singkong. Seiring dengan adanya hal tersebut desa Cireundeu mulai dikenal luas oleh berbagai kalangan mulai dari masyarakat, pejabat, hingga golongan akademisi yang sering melakukan penelitian sehingga banyak pengunjung yang berdatangan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran tokoh atau warga adat yang turut membantu perekonomian warganya seiring banyaknya pengunjung yang datang ke desa Cireundeu yang pada umumnya dalam rangka kunjungan wisata serta penelitian. Metode yang digunakkan dalam langkah – langkah penelitian ini ialah dengan menggunakan metode kualitatif dan dalam penelitian ini terdapat dua sumber data yang menjadi acuan dalam penelitian ini yang pertama yaitu merupakan sumber data primer dimana peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap tempat objek yang diteliti serta melakukan wawancara kepada beberapa tokoh disana. Kedua merupakan data sekunder yang berisi beberapa keterangan serta penjelasan berdasarkan dari buku – buku yang didapat sebagai sumber literature dari permasalahan yang dibahas. Pada dasarnya tokoh adat sangat peduli terhadap kesejahteraan warganya yang ditunjukan dengan mendirikan usaha olahan makanan berbahan dasar singkong dengan mempekerjakan warga sekitar sebagai pembuatan berbagai macam cemilan tersebut sehingga pendapatan warganya bisa meningkat. Selain itu, saat ini tokoh adat mulai menjalin kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan layanan penyedia jasa pariwisata untuk pengunjung yang ingin datang ke Cireundeu dengan jumlah yang banyak. Berbagai hal dilakukan tokoh adat dalam upaya membantu perekonomian serta untuk menjaga kearifan lokal budayanya agar tidak hilang pada masa yang akan datang. Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa selain untuk menjaga budaya sekitar agar tetap terjaga, tokoh adat juga membantu perekonomian desa agar bisa lebih baik lagi. Hal tersebut terbukti dengan berbagai usaha yang sudah dilakukan seperti dalam olahan makanan yang sering dibeli pengunjung saat datang ke desa Cireundeu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tokoh Adat; Perekonomian; Desa Cireundeu
Subjects: Indonesia
Customs of People
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: Andis Andriawan 333
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:31
Last Modified: 28 Oct 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26277

Actions (login required)

View Item View Item