Peran Indonesia Bamboo Community Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan: Studi Deskriptif Di Indonesia Bamboo Community (Ibc) Jl. Melong Asih No.23 Kota Cimahi

Solehudin, Deni (2019) Peran Indonesia Bamboo Community Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan: Studi Deskriptif Di Indonesia Bamboo Community (Ibc) Jl. Melong Asih No.23 Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Anak jalanan menjadi fenomena yang menuntut perhatian banyak orang, sehingga diperlukan penanganan dengan solusi yang tepat dan terintegrasi melalu berbagai pihak, dengan cara membimbing dan mengarahkan yang sifatnya berkelanjutan. Dalam menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut sudah selayaknya anak-anak jalanan membutuhkan sebuah wadah yang dapat mengayomi mereka dari segala persoalan baik antar anak jalanan dengan yang lain, atau dengan lingkungannya dan tentunya dengan masyarakat sekitar mereka. Indonesian Bamboo Community memiliki program dan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program serta langkah Indonesian Bamboo Community dalam memberdayakan anak jalanan agar minat dan bakatnya serta potensi yang mereka miliki bisa tersalurkan. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori widjaja tentang pemberdayaan yaitu Pemberdayaan adalah upaya meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat, sehingga masyarakat dapat mewujudkan jati diri, harkat dan martabatnya secara maksimal untuk bertahan dan mengembangkan diri secara mandiri baik bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggali kondisi di lapangan melalui pengamatan yang akurat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa program Indonesian Bamboo Community adalah untuk meningkatkan potensi, kreativitas serta inovatif, tujuan utamanya sendiri yakni untuk mewujudkan kualitas masyarakat terkhusus anak jalanan menjadi lebih baik. Langkah-langkahnya meliputi sosialisasi, assesment anggota, pelatihan serta pemasaran. Hasil yang didapat oleh Indonesian Bamboo Community yakni mendapatkan apresiasi dari Pemerintah, mendapat piagam penghargaan dan rekor Indonesia serta rekor dunia lalu menjadi salah satu pelopor bagi pengrajin bambu di Indonesia dan menjadi pusat riset alat musik dari bahan dasar bambu. Sedangkan anak jalanan yang tergabung dalam Indonesian Bamboo Community yakni terpenuhinya kebutuhan primer, menjadi pintar bersosialisasi, bisa pergi keliling Indonesia bahkan luar negeri dan mengikuti konser dari panggung ke panggung dengan begitu tingkat perekonomian mereka bertambah, serta bisa menjadikan mereka para pemain musik profesional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran, komunitas, anak jalanan
Subjects: Social Process
Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Deni Solehudin
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:47
Last Modified: 12 Nov 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item