Penerapan metode ILHAM hubungannya dengan hafalan Al-Quran santri Juz 30: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Mahasiswa Uniersal

Lutpiana, Rifa Zaenal (2019) Penerapan metode ILHAM hubungannya dengan hafalan Al-Quran santri Juz 30: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Mahasiswa Uniersal. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Realitas penerapan metode ILHAM di Pondok Pesantern Mahasiswa Universal. Realitas Hapalan al-Quran Santri juz 30 di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal. Realitas Hubungan antara penerapan metode ILHAM terhadap hapalan al-Quran santri Juz 30 di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal. Karangka berpikir dari pemikiran ini yaitu, bahwa metode adalah suatu jalan atau cara, jadi bila kita melakukan sesuatu agar mendapatkan hasil yang opitimal maka dibutuhkanlah metode. Salah satunya dalam menghafal al-Quran dengan menggunakan metode ILHAM, maka Hipotesis dari penelitian ini semakin baik penerapan metode ILHAM maka semakin baik pula hapalan al-Quran santri juz 30. Penelitian ini menggnakan metode deskriptif, untuk memperoleh datanya menggunakan angket, tes, observasi dan studi pustaka, dengan responden 21 santri dari angkatan 2015 dan 2016. Kemudian analisis datanya dibagi kedalam dua pendekatan yaitu analisi persial dan analisis korelasi. Pesantren Mahasiswa Universal pada angkatan 2015 dan 2016 pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan angka rata-rata (mean) = 4,07. (2) Realitas hafalan al-Quran Santri Juz 30 di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal dengan indikatornya yaitu Tahsin, Tajwid, Lancar membacanya, dan yang terakhir hafalan juz 30. Dengan hasil rata-rata 75,17 pada kategori baik. (3) kriteria pengujian korelasi didapatkan bahwa T_hitung lebih besar dari T_tabel maka data tersebut regresi tidak linear dan harus dicari dengan metode renk sprearman dengan hasil akhirnya adalah 0,97 koefisien korelasi pada interval 0,81 – 1,00 korelasi sempurna, dengan ini Adanya hubungan antara metode ILHAM dengan hafalan al-Quran santri juz 30 dengan perhitungan uji pengaruh variabel X yaitu Penerapan Metode ILHAM dan variabel Y yaitu hafalan al-Quran santri juz 30 dengan hasil perhitungannya yaitu sebasar 23 % dipengaruhi oleh metode ILHAM dan 77% lagi di pengaruhi oleh yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode; ILHAM; Menghafal;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifa Zaenal Lutpiana
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:26
Last Modified: 05 Nov 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26293

Actions (login required)

View Item View Item