Penerapan media Diorama untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi fiksi siswa pada pembelajaran tematik subtema Manusia dan Lingkungan:Penelitian pre eksperimental di kelas V MI Riyadlul Jannah Kota Sukabumi

Jamilah, Ai (2019) Penerapan media Diorama untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi fiksi siswa pada pembelajaran tematik subtema Manusia dan Lingkungan:Penelitian pre eksperimental di kelas V MI Riyadlul Jannah Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah yang terjadi di MI Riyadlul Jannah Kota Sukabumi, yaitu rendahnya keterampilan menulis karangan narasi fiksi siswa yang dibuktikan dengan hasil karangan mereka yang masih kurang, yaitu dibawah nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena kurangnya penerapan media pembelajaran pada proses pembelajaran mengarang. Selain itu, peneliti juga belum menjumpai adanya penerapan media diorama dalam proses pembelajaran mengarang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanan proses pembelajaran dengan menerapkan media diorama pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan, 2) mengetahui keterampilan menulis karangan narasi fiksi siswa setelah diterapkan media diorama pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan, dan 3) mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi fiksi siswa pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan setelah memperoleh pembelajaran dengan diterapkan medi diorama. Penelitian ini bertolak pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa media pembelajaran merupakan alat bantu dan sarana untuk meningkatkankan proses pembelajaran. Demikian pula media diorama yang menjadi alat bantu dalam pembelajaran karangan narasi fiksi. Dengan demikian, hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi fiksi siswa pada pembelajaran tematik subtema manusia dan lingkungan setelah diterapkan media diorama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Teknik pengumpulan data berupa tes unjuk kerja dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa analisis logika untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Adapun subjek yang diambil yaitu kelas V di MI Riyadlul Jannah tahun. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan: 1) keterlaksanaan pembelajaran menunjukan ativitas siswa dan guru selama proses pembelajaran terlaksana dengan baik dengan hasil secara keseluruhan yaitu 84% pada aktivitas guru dengan kategori baik dan 77% pada aktivitas siswa dengan kategori baik. 2) Setelah diterapkan media diorama diperoleh peningkatan dari rata-rata sebelum dan sesudah diterapkan media diorama yaitu dari sebesar 65,7 dengan kategori cukup menjadi 76,9 dengan kategori baik, dan 3) besarnya peningkatan pada hasil keterampilan menulis karangan narasi fiksi ditunjukan oleh indeks normal gain sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Hasil uji t yang menunjukan t hitung (14,31) lebih besar dari t tabel (2,04). Dengan demikian media diorama dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi fiksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media diorama; keterampilan menulis; karangan narasi fiksi;
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ai Jamilah Ela Hayati
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:05
Last Modified: 28 Oct 2019 04:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item View Item