Mekanisme program kredit mikro mekar PT PNM dalam menanggulangi kemiskinan: Penelitian di Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani Kota Bandung

Darmawan, Rio Aditia (2019) Mekanisme program kredit mikro mekar PT PNM dalam menanggulangi kemiskinan: Penelitian di Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa masyarakat kelurahan Antapani masih kurang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan masih banyak yang hidup dengan perekonomian ekonomi menengah kebawah. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan mengingat bahwa kemiskinan adalah salah satu masalah sosial utama negara berkembang. Oleh karenanya itu pemerintah mengeluarkan program BUMN yang dinamai PT Permodalan usaha madani yang bertujuan untuk membantu wanita prasejahtera dalam menghidupi keluarganya dengan bantuan modal serta arahan agar bisa setidaknya memiliki usaha meskipun dalam skala kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk Mengetahui Apa Program Penanggulangan Kemiskinan Kredit Mikro Mekar PT PNM di Kelurahan Antapani Kidul. (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Proses Program Kredit Mikro Mekar PT PNM di Kelurahan Antapani Kidul Dalam Menanggulangi Kemiskinan.Untuk Mengetahui. (3) Bagaimana Hasil yang di Capai Program Kredit Mikro Mekar PT PNM Dalam menangggulangi Kemiskinan di Kelurahan Antapani Kidul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional Robert K Merton. Teori ini digunakan untuk melihat salah satu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat yakni fungsi dan disfungsi PT Permodalan Nasional Madani bagi masyaralat Kelurahan Antapani Kidul dalam kehidupanya. Fungsi apabila PT PNM memberikan keuntungan bagi masyarakat desa seperti menjamin memiliki inovasi untuk membuka usaha baru dalam memenuhi kehidupanya dan disfungsi apabila memberikan kerugian bagi masyarakat desa seperti terkendalanya pembayaran karena kurangnya sosialiasi dan pendampingan yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya meliputi obersevasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknis analisi yan digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pegegasan data. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa PT PNM bagi masarakat mengalami fungsi dan disfungsi, dimana sebagian masyarakat yang menjadi nasabah memiliki modal dan pengalaman untuk membuat usaha baru karana diberi arahan dalam bagaimana memanfaatkan modal dengan jumlah sedikit meskipun usaha dalam skala kecil. Ada juga yang melanjutkan usaha dengan modal tersebut dan disfungsi bagi nasabah yang tidak memiliki keuletan dalam bidang usaha sehingga modal yang diberikan akan terbuang sia-sia, minimnya sosialiasasi atau pengaragan dari pegawai dan kurangnya pengalaman. keiniginan masyarakat menjadi factor utama nasabah tidak bisa memutar balikan modal sehingga berakibat kepada terkendalanya pembayaran hutang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredit Mikro; Mekanis Program; Kemiskinan; PT PNM;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to The Poor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rio aditia
Date Deposited: 28 Oct 2019 06:11
Last Modified: 28 Oct 2019 06:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item View Item