Respon Siswa terhadap Penggunaan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Hubungannya dengan Prestasi Kognitif Mereka pada Materi Iman Kepada Malaikat (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cileunyi Bandung tahun 2013)

Fitri Puji Astuti Dewi, Fitri (1209202077) (2013) Respon Siswa terhadap Penggunaan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Hubungannya dengan Prestasi Kognitif Mereka pada Materi Iman Kepada Malaikat (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di SMPN 2 Cileunyi Bandung tahun 2013). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMPN 2 Cileunyi Bandung. Guru mata pelajaran PAI ketika mengajar materi iman kepada malaikat di kelas, menggunakan model pengajaran langsung. Seharusnya hasil yang dicapai dapat diperoleh secara optimal. Namun, pada kenyataannya hasil yang dicapai siswa belum sepenuhnya mencapai nilai standar KKM. Dari fenomena tersebut, muncul permasalahan yang akan diteliti yaitu, bagaimana realitas respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung? Bagaimana realitas prestasi kognitif mereka pada materi iman kepada malaikat? Bagaimana realitas hubungan antara respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) dengan prestasi kognitif mereka pada materi iman kepada malaikat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction), (2) realitas prestasi kognitif siswa pada materi iman kepada malaikat, (3) realitas hubungan antara respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) dengan prestasi kognitif mereka pada materi iman kepada malaikat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu, semakin tinggi respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) maka semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka pada materi iman kepada malaikat. Begitupun sebaliknya, semakin rendah respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) maka semakin rendah pula prestasi kognitif mereka pada materi iman kepada malaikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengungkap, serta menganalisa fenomena yang terjadi pada masa sekarang. Teknik pengumpulan datanya adalah tes dan angket. Data yang diperoleh menggunakan analisis logika untuk kualitatif, dan statistik untuk data kuantitatif. Analisis menggunakan dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil analisis statistik penelitian ini menunjukan bahwa, (1) realitas respon siswa terhadap penggunaan model pengajaran langsung (direct instruction) berkatagori tinggi. (2) Realitas prestasi kognitif siswa pada materi iman kepada malaikat termasuk kualifikasi sangat baik. (3) Realitas hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah; (a) koefisien korelasinya tinggi, (b) hasil uji hipotesisnya diterima, dan (c) derajat pengaruh varibel X terhadap variabel Y sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: respon, direct instruction, kognitif, prestasi, iman, malaikat
Subjects: Islam > Angels
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 04 Feb 2016 01:41
Last Modified: 23 Mar 2016 10:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item