Pesan dakwah melalui media Instagram: Analisis isi videogram pada akun Instagram @arifmuhammaddd_ Cerita Mak Beti Periode Desember 2018- Mei 2019

Suryatna, Pramita Dewi (2019) Pesan dakwah melalui media Instagram: Analisis isi videogram pada akun Instagram @arifmuhammaddd_ Cerita Mak Beti Periode Desember 2018- Mei 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Agama khususnya bagi umat muslim dianggap sebagai kebutuhan hidup setiap individu. Dakwah sejatinya yaitu mengajak manusia pada jalan yang lebih baik. Seiring perkembangan zaman, dakwah tidak hanya dilakukan dengan ceramah diatas mimbar. Dewasa ini, penyampaian pesan kebaikan atau dakwah dapat dilakukan menggunakan media internet dengan fasilitas media sosial yang dapat dinikmati secara gratis. Media sosial pada saat ini yang masih banyak digunakan adalah Instagram dengan fitur mengunggah foto, video dan video berdurasi lama yang disebut sebagai Ig Tv atau Instagram Televisi menjadikan media sosial tersebut diminati oleh semua kalangan. Arif Muhammad seorang conntent creator menggunakan kecanggihan aplikasi tersebut dengan membuat akun Instagram @arifmuhammaddd_ Cerita Mak Beti. Kemampuannya dalam memerankan banyak karakter yang dalam videonya disebut keluarga Mak Beti digunakannya untuk membuat konten lalu diunggah ke Instagram. Videogram yang diunggah menceritakan kebiasaan dalam satu keluarga atau suatu daerah kampung halaman yang sehari-hari selalu dilakukan. Melalui tahap editing didalammnya mengandung pesan kebaikan dan dakwah dipadukan dengan unsur komedi. Dengan cara demikin dakwah mudah diterima oleh semua kalangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan dakwah pada videogram akun @arifmuhammaddd_ dan strategi penyajin pesan yang terdapat pada akun tersebut. Dengan penelitian video dari akun @arifmuhammaddd_ (Source), pesan dakwah yang terdapat (Message), media dakwah, pengikut akun Instagram. Penelitian ini bertitik pada dimensi dakwah yang mencakup da’i, mad’u, metode, pesan dan media. Penelitian ini menggunakan teori S-M-C-R atau sering disebut teori Berlo untuk menjawab permasalahan. Metode yang dilakukan oleh penelitian tersebut adalah metode analisis isi. Metode ini digunakan untuk menganalisis, menguraikan, memahami dan menjelaskan tentang permasalahan yang terdapat pada penelitian. Langkah-langkah dalam penelitian tersebut yakni, menentukan jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, menganalisis untuk untuk menjawab semua permasalahan yang terdapat pada penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan dakwah yang disampaikan melalui videogram bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah. Pesan dakwahnya terbagi menjadi pesan akidah, pesan ibadah dan pesan akhlak. Pesan dakwah yang paling banyak diunggah yaitu pesan akhlak. Strategi penyajian pesan dakwah dalam akun Instagram tersebut yaitu melalui media sosial Intagram, penyajianya berupa pesan kebaikan yang dikemas melalui videogram yang di dalamnya terkandung beberapa unsur dakwah serta memiliki nilai edukasi dan komedi agar lebih mudak diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Instagram; Media Sosial;
Subjects: Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Pramita Dewi Suryatna
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:51
Last Modified: 08 Nov 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

View Item View Item