Pemahaman akhlak mulia menurut santri Miftahul Huda Al-Faqih dalam perspektif akhlak Hamka: Studi penelitian di Pesantren Miftahul Huda Al Faqih di Cibiru

Ulfah, Rahmawati (2019) Pemahaman akhlak mulia menurut santri Miftahul Huda Al-Faqih dalam perspektif akhlak Hamka: Studi penelitian di Pesantren Miftahul Huda Al Faqih di Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Agama Islam mengajarkan umat nya untuk selalu berakhlak dan beretika baik terhadap sesama. Tidak memandang suku, kaya, miskin tua ataupun muda. Santri sebagai salah satu generasi muda Islam diharapkan memiliki akhlak yang mulia tidak banyak Santri pada masa sekarang terkadang mempunyai akhlak mulia yang baik terkadang diantara mereka masih ada yang belum bisa menerapkan akhlak dan etika yang sesuai di lingkungan. Lingkungan sekitar akan berpengaruh terhadap pembentukan akhlak seseorang dalam bersikap. Hal ini sesuai dengan pendapat Hamka bahwa akhlak adalah suatu sikap yang telah ada di dalam batin yang akan menimbulkan sebuah sikap tanpa berpikir lama lagi. Akhlak dan etika tentunya menjadi suatu ciri seseorang didalam berbuat baik maupun buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman akhlak mulia santri Miftahul Huda Al faqih,dan bagaimana analisis tersebut dalam perspektif etika Hamka. Karena jika paham mendalam tentang pemahaman akhlak mulia serta etika akan melahirkan sebuah generasi yang berakhlaqul karimah yang kuat didalam lingkungan, keluarga, sekolah maupun masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Metode deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di jalan Kosambi Cibiru Bandung. Sumber data dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan data sekunder. Serta teknik pengumpulan datanya yaitu observasi langsung, diwawancarai, studi kepustakaan atau dokumentasi. Dan melibatkan data seperti referensi buku-buku yang relavan dengan tema penelitian untuk mendukung datadata penelitian. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa akhlak adalah suatu sikap yang tertanam murni di dalam diri seseorang yang menimbulkan sikap baik dan buruknya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan etika adalah sebuah ilmu yang mencari suatu nilai atau norma-norma benar atau salah suatu perbuatan yang terjadi di lingkungan tersebut. Dan sebagian santri di Miftahul Huda Al Faqih sudah sejalan dengan teori hamka dimana selalu mengamalkan perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Agama serta suri tauladan dari Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akhlak mulia; etika; Hamka;
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Islam > Specific Moral Issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: rahmawati ulfah
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:11
Last Modified: 29 Oct 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26372

Actions (login required)

View Item View Item