Pemahaman jurnalis kampus mengenai aktivitasnya sebagai pencari berita: Studi fenomenologi pada Lembaga Pers Mahasiswa SUAKA UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Madini, Maulida (2019) Pemahaman jurnalis kampus mengenai aktivitasnya sebagai pencari berita: Studi fenomenologi pada Lembaga Pers Mahasiswa SUAKA UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Pers mahasiswa biasa disingkat Persma merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang sebagian besar universitas memilikinya. Seperti pers pada umumnya, pers mahasiswa juga bergerak dalam aktivitas pencarian berita. Wartawan pada persma biasa disebut dengan jurnalis kampus, tugas yang dilakukan pun tidak jauh berbeda yaitu mencari fakta yang tersembunyi. Meskipun masih dalam ranah kampus, tidak menutup kemungkinan untuk bebas dari aturan namun tetap mempunyai pedoman dalam melakukan kegiatan jurnalistik. Pedoman tersebut ialah Kode Etik Jurnalistik yang merupakan aturan profesi juga acuan bagi para jurnalis kampus. Mengingat latar belakang yang berbeda, membuat para jurnalis harus memahami terlebih dahulu aktivitas yang akan dijalankan. Metode penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme. Hal ini bertujuan agar dapat penjelasan secara detail tentang pemahaman mengenai aktivitas jurnalistik yang dilakukan serta bagaimana pengalaman yang didapat saat menjalankan aktivitas tersebut. Subjek penelitian ini adalah Pemimpin Umum periode 2012 hingga 2018. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa informan yang tergabung di LPM Suaka sudah memahami aktivitasnya sebagai pencari berita. Baik pemahaman terhadap aktivitasnya, peran yang di jalankan, serta resiko yang akan dihadapi. Ada jurnalis yang sudah memahami aktivitasnya sebelum berkecimpung didalamnya, namun ada pula jurnalis yang harus memahami terlebih dahulu karena latar belakang pendidikannya. Pengalaman yang dilalui setiap jurnalis mempunyai penilaian yang berbeda-beda, namun aktivitas yang dilakukan tetap sama yaitu mencari berita. Didalam pengalaman tersebut terdapat adanya intimidasi, pembekalan bagi jurnalis kampus sebelum melakukan pencarian berita, dan dampak pemberitaan oleh jurnalis kampus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pers Mahasiswa; Jurnalis Kampus; Peliputan Berita.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Maulida Madini Dini
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:47
Last Modified: 30 Oct 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item