Penerapan metode Course Review Horay untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung

Setia, Deti Yun (2019) Penerapan metode Course Review Horay untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada Pembelajaran Tematik di kelas IV MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung, bahwa hasil minat belajar siswa belum merata. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center), guru jarang menggunakan media, metode pembelajaran yang bersifat monoton, sehingga minat belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) minat belajar siswa sebelum menggunakan metode Course Review Horay 2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode Course Review Horay pada setiap siklus 3) minat belajar siswa setelah menggunakan metode Course Review Horay pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor. Salah satunya penerapan metode yang tepat, termasuk metode Course Review Horay. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Course Review Horay diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 2 hebatnya cita-citaku. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) minat belajar siswa sebelum menggunakan metode Course Review Horay masih rendah dengan nilai rata-rata 65 dan persentase ketuntasan belajar hanya mencapai 25% 2) penerapan metode Course Review Horay berjalan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru mengalami peningkatan dalam setiap siklus pada siklus I mencapai 73,5% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,5% dengan predikat sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 61% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan predikat sangat baik 3) minat belajar siswa setelah diterapkan metode Course Review Horay juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata minat belajar siswa sebesar 77 dengan persentase sebesar 64% kemudian pada siklus II rata-rata minat belajar siswa sebesar 91 dengan persentase sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay; ;minat belajar siswa; pembelajaran tematik ; MI At-Taqwa Rancaekek Kabupaten Bandung;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Depositing User: Deti Yun Setia
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:16
Last Modified: 31 Oct 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26519

Actions (login required)

View Item View Item