Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pai materi kejujuran : Penelitian tindakan kelas di kelas x ap SMK YASRI BANDUNG

anggreani, sefty (2019) Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pai materi kejujuran : Penelitian tindakan kelas di kelas x ap SMK YASRI BANDUNG. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi dikelas salah satunya adalah dalam proses pembelajaran. Selama pembelajaran berlangsung di kelas yang dilakukan oleh guru dalam mengajar masih terdapat sistem pembelajaran yang bersifat teoritis. Sebagian besar siswa belum dapat menangkap makna dari apa yang mereka peroleh dari pembelajaran untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa pada umumnya siswa tidak dapat menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan cara pemanfaatan pengetahuan tersebut di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui prestasi Belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Materi Kejujuran sebelum menggunakan pendekatan CTL (2) mengetahui proses pembelajaran PAI dikelas dengan menggunakan pendekatan CTL pada setiap siklus (3) mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi kejujuran dikelas sesudah menggunakan pendekatan CTL pada setiap siklus. Tekhnik pengumpulan data dalam pelaksanaan peneliti yaitu sebagai berikut: (1) Observasi merupakan teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan pada objek penelitian. Pada penelitian ini melibatkan 2 observer, antara lain guru dan peneliti. (2) Tes merupakan serangkaian pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.(3) wawancara penelitian ini menggunakan jenis wawancara bebas terpimpin yaitu saat mewawancara hanya berpedoman pada garis besar tentang hal-hal yang akan ditanyakan. (4) Dokumentasi merupakan metode untuk memperoleh data melalui penelitian terhadap benda-benda atau hal-hal yang tertulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Penelitian dimulai dengan melakukan tes Pra Siklus di dalam kelas X AP SMK Yasri, setelah tes ini dilakukan peserta didik memeroleh nilai rata-rata sebanyak 61,5 nilai ini dikategorikan dengan prestasi belajar yang rendah. Karena Dari hasil Pra Siklus tersebut dikategorikan rendah maka dilakukanlah Siklus 1 untuk melihat peningkatan prestasi belajar peserta didik pada proses penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil dari Siklus 1 menjadi 73,61 yaitu kategori prestasi belajar cukup. Dan untuk Siklus II diperoleh rata-rata kelas 86,42 kategori tinggi. Berdasakan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar PAI setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL);Learning of Islamic religious education;learning achievement.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sefty Anggraeni
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:04
Last Modified: 30 Oct 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26523

Actions (login required)

View Item View Item