Pengaruh tayangan debat Capres 2019 di Youtube terhadap sikap pemilih pemula: Penelitian pada masyarakat lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Marlina, Lina (2019) Pengaruh tayangan debat Capres 2019 di Youtube terhadap sikap pemilih pemula: Penelitian pada masyarakat lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Debat menjadi salah satu bentuk sosialisasi yang dianggap dapat memberikan gambaran nyata para kandidat pemimpin bagi para pemilihnya. Dalam debat yang disiarkan melalui media massa, kandidat dapat tampil menunjukan kemampuannya berpendapat, menyampaikan solusi yang akan dilakukan, menempatkan posisi yang jelas dalam menyikapi suatu permasalahan, menunjukan kemampuan dalam membuat konsep pemerintahan, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan debat capres 2019 di Youtube berupa frekuensi, durasi, dan atensi terhadap sikap pemilih pemula pada yang ditandai dengan adanya perubahan kognitif, afektif dan konatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Behaviorisme, teori SOR (stimulus-organism-respons). Asumsi dari teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi yang ditimbulkan terhadap stimulus sehingga seseorang dapat mengharapkan serta memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi dari komunikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode sensus, melalui angket yang disebarkan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini merupakan seluruh pemilih pemula di Lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden dominan menjawab opsi setuju pada setiap pernyataan angket. Hasil rangkaian uji statistik pada data penelitian menunjukan hipotesis penelitian ini diterima bahwa terdapat pengaruh Tayangan Debat Capres 2019 di Youtube terhadap sikap pemilih pemula pada masyarakat Lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung sebesar 57% sedangkan 43% sikap pemilih pemula masyarakat Lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung dipengaruhi oleh faktor lain. Setelah menonton Tayangan Debat Capres 2019 di Youtube memiliki pengaruh yang cukup berarti dalam memengaruhi sikap pemilih pemula masyarakat Lio Selatan RW 01 Kelurahan Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung untuk menggunakan hak pilih saat pemilu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debat Capres; Pemilih Pemula; Sikap;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Lina Marlina
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:04
Last Modified: 31 Oct 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26540

Actions (login required)

View Item View Item