Self healing melalui mind healing technique untuk mengatasi setress : Penelitian deskriptif pada Mahasiswa jurusa Tasawuf dan Psikoterapi fakultas ushuluddin Islam Negeri Sunan gunung djati Bandung

Afifah, Siti (2019) Self healing melalui mind healing technique untuk mengatasi setress : Penelitian deskriptif pada Mahasiswa jurusa Tasawuf dan Psikoterapi fakultas ushuluddin Islam Negeri Sunan gunung djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya sering mengalami stres. Yang menjadi stressor bagi mahasiswa adalah tugas dan organisasi yang diikutinya. Gejala stres pada mahasiswa sakit kepala, sulit tidur, mudah lelah, dan gelisah. Dampak nya adalah mahasiswa merasakan sakit kepala dan merasakan kecemasan. Metode penyembuhan atau penurunan tingkat stres yang dialami oleh para Mahasiswa, salah satunya dengan menerapkan metode self healing dalam mind healing technique. Self healing adalah fase yang diterapkan pada proses pemulihan diri (umumnya dari gangguan psikologis, trauma, stres, dan yang lainnya) yang didorong dan diarahkan oleh diri sendiri dan dipandu oleh insting diri sendiri. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan self healing dalam mind healing technique untuk menurunkan stres pada mahasiswa kelas D angkatan 2016 Jurusan Tasawuf Psikoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Metode self healing melalui Mind Healing Technique yang digunakan untuk mengatasi stres pada Mahasiswa Jurusan Tawasuf Psikoterapi Kelas D angkatan 2016 dan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Self healing melalui Mind Healing Technique untuk mengatasi stres pada Mahasiswa jurusan Tasawuf Psikoterapi Kelas D angakatan 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskrptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dengan jenis observasi partisipatif atau participation observation; wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, terbuka dan mendalam serta teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penggambaran stres berdasar pada buku Syamsu Yusuf yang berjudul Mental Hygiene, seseorang mengalami stres, dapat dicirikann dengan pertama, Gejala fisik dari stres seperti: sakit kepala, sakit jantung atau jantung berdebar-debar, insomnia (sulit tidur), dan mudah lelah. Kedua, Gejala psikis dari stres seperti: gelisah atau cemas, kurang dapat berkonsentrasi belajar atau bekerja, sikap apatis (masa bodo). Sedangkan untuk self healing menggunakan teori ilmu psikologis adalah proses yang membantu menyembuhkan luka batin dengan kekuatan batin sendiri secara penuh untuk berinjak dari penderitaan, tanpa bantuan orang lain dan media apapun. Penelitian menunjukan bahwa metode self healing melalui mind healing technique tidak hanya dilakukan oleh anggota Mind Healing Technique namun bukan anggota Mind Healing Technique pun sebenarnya sering melakukannya. Hanya saja mereka tidak menyadari dan mngetahui bahwa sebenarnya yang dilakukannya merupakan metode untuk mengatasi stres yang mereka rasakan. Dan ketika sudah melakukan self healing melalui mind healing technique, mereka merasakan adanya perasaan tenang dan lega.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self Healing Mind Healing Technique; setres
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: siti afifah
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:11
Last Modified: 30 Oct 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26548

Actions (login required)

View Item View Item