Sosialisai program "kangpisman" oleh Bidang Humas Pemerintah Kota Bandung dalam upaya Bandung Bersih: Studi kasus pada HUMAS Pemerintah Kota Bandung JL.Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung

-, Maryamah (2019) Sosialisai program "kangpisman" oleh Bidang Humas Pemerintah Kota Bandung dalam upaya Bandung Bersih: Studi kasus pada HUMAS Pemerintah Kota Bandung JL.Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sampah masih menjadi masalah di setiap wilayah karena pengelolaan sampah yang tidak baik. Sampah yang dibuang sembarangan akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Bandung dikenal dengan sebutan Kota Kembang karena lingkungannya yang bersih, asri dan rapi, untuk menjaga nama tersebut maka lingkungan harus bersih dengan pengelolaan sampah yang dikelola dengan baik. Maka dari itu Pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan program Kangpisman agar masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara pengelolaan sampah dengan baik agar sampah tersebut tidak dibuang sembarangan yang membuat lingkungan jadi kotor. Sosialisasi program Kangpisman terus dilakukan di wilayah Kota Bandung agar masyarakat mengetahui program tersebut dan bisa menerapkan program tersebut di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai sosialisasi program Kangpisman oleh bidang Humas Pemerintah Kota Bandung dalam upaya Bandung Bersih. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sosialisasi yang digunakan dalam menyampaikan pesan tersebut kepada masyarakat. Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah konsep proses operasional public relations yaitu konsep 4 step PR dari Cutlip, Center and Broom. Ada 4 tahapan yang harus dilalui yaitu: 1. Fact-finding, 2. Planning and Programming, 3. Communicating, 4. Evaluation. Metode yang penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, dan teknik pengumpulan datanya melalui proses observasi partisipatori pasif dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi program Kangpisman ditujukan bagi masyarakat yang berada di wilayah Bandung. Sosialisasi yang dilaksanakan yaitu terjun langsung ke masyarakat memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengelolaan sampah isi dari pesan yang disampaikan yaitu tentang bagaimana mengelola sampah dengan baik dengan cara kurangi, pisahkan dan manfaatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat; Sosialisasi; Kangpisman;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: maryamah maryamah
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:20
Last Modified: 05 Nov 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26569

Actions (login required)

View Item View Item