Program layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) sebagai media informasi dan pelayanan publik Pemerintah Kota Bandung

Wibisana, Wendi (2019) Program layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (LAPOR) sebagai media informasi dan pelayanan publik Pemerintah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunug Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Kota Bandung saat ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Manajemen Informasi Pemerintahan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bandung. Maksud dari kegiatan pelayanan dan pengaduan adalah untuk menampung ide, saran, kritik, dan pendapat dari masyarakat. Hal tersebut yang menjadikan Porgram LAPOR sebagai Program Pelayanan Publik Pemerintah Kota Bandung. Selain daripada itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal kontrol kepada pemerintah dan melancarkan arus informasi/komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Hal ini yang kemudian menjadikan program ini sebagai Media Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang sikap pemerintah Kota Bandung dalam menjalankan serta mengelola program LAPOR, persepsi publik terhadap program LAPOR, langkah Pemerintah Kota Bandung dalam memberikan pemahaman mengenai program LAPOR, dan yang terakhir untuk mengetahui persepsi publik dengan adanya program LAPOR. Penelitian ini didasarkan pada asumsi sebuah teori komunikasi, yaitu teori manajemen komunikasi (relationship management theory) oleh Ledingman. Asumsi teori manajemen hubungan kemudian dianalogikan dengan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang implementasiya identik dengan aktivitas komunikasi yang didalamnya terdiri atas sikap, persepsi, pengetahuan dan reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kota Bandung selaku pengelola Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) bersikap profesional dalam menanggapi pengaduan serta mengelola program dengan baik serta memberikan pemahaman kepada masyarakatnya mengenai program ini, terbukti dari respon serta persepsi masyarakat yang menganggap Pemerintah Kota Bandung lebih aktif dan responsif dalam menanggapi pengaduan maupun penyampaian aspirasi. Program LAPOR berdampak baik bagi Pemerintah Kota Bandung dengan mendapat kepercayaan dari penggunanya yaitu publik pemerintah Kota Bandung itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program LAPOR; Pemerintah Kota Bandung; Media Informasi; Pelayanan Publik;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Wendi Wibisana
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:23
Last Modified: 05 Nov 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26575

Actions (login required)

View Item View Item