Penerapan pendekatan brain based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VA MI MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung

Tawakal, Ikbal (2019) Penerapan pendekatan brain based learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VA MI MI Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARAPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih kurang dalam pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru dalam proses kegiatan pembelajaran pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, melihat masih banyak siswa yang bermain-main saat proses belajar mengajar diantaranya: masih banyak siswa yang saling sikut dengan teman sebelahnya, masih ada siswa yang mengobrol saat proses belajar mengajar, dan Masih banyak siswa yang belum mengerti tentang materi pelajaran yang sudah diajarkan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajarkan guru dengan menerapkan pendekatan Brain Based Learning untuk siswa kelas VA MI Al-Misbah. Brain Based Learningadalah pembelajaran yang diseleraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Pembelajaran berbasis otak merupakan keterlibatan strategi yang didasarkan pada prinsip–prinsip yang berasal dari pemahaman tentang otak, dan mempertimbangkan bagaimana otak belajar dengan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran berupa rancangan rencana pembelajaran, dan lembar kerja siswa. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian berdasarkan pengolahan dan pengumpulan data didapatkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman materi siswa pada pembelajaran IPS saat pra-siklus mendapat skor 50. Pada siklus I rata-rata kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS memperoleh skor sebesar 75, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 95. Sedangkan persentase ketuntasan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS pada pra-siklus sebesar 23.2% dari 25 siswa hanya 22 siswa yang tuntas memenuhi KKM dan 3 siswa belum tuntas. Pada siklus I 47,2% siswa yang tuntas atau 10 orang dan 15 orang siswa belum tuntas. Siklus II persentase kemampuan pemahaman materi siswa pada pembelajaran IPS diperoleh sebesar 76,2% atau 19 siswa tuntas memenuhi KKM dan hanya 6 orang yang tidak memenuhi KKM. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan pendekatan Brain Based Leraning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: brain based learning; pembelajaran IPS;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikbal Tawakal
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:43
Last Modified: 31 Oct 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item