Efektivitas Ratib Al-Haddad terhadap kecerdasan spiritual: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mardiyah Cilenyi Kulon Kabupaten Bandung

Hidayat, Asep Yusup (2019) Efektivitas Ratib Al-Haddad terhadap kecerdasan spiritual: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mardiyah Cilenyi Kulon Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya semua orang mengharapkan kehidupan bahagia dunia dan akhirat. banyaknya harta bukan jaminan untuk mendapatkan kebahagian yang didamba-dambakan, melainkan adanya korelasi antara hamba dengan tuhan-nya, banyak cara untuk membangun hubungan antara manusi dengan tuhan, salah satunya dengan cara membaca ratib Al-Haddad yang dijadikan sebagai sarana untuk menuju Allah Swt, contohnya yang diamalkan disalah satu pondok yang tersebar di kabupaten Bandung. Pondok pesantren Al-Mardiyah yang mewajibkan santrinya untuk mengamalkan bacaan ratib Al-Haddad yang mana kewajiban tersebut sebagai salah perjalanan spiritual santri untuk mendapatkan kecerdasan spiritual. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang hal ini melaui skripsi yang berjudul “Pengaruh Ratib Al-Haddad Terhadap Kecerdasan Spritual Santri Al-Mardiyah” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rangkaian daripada pengamalan ratib Al-Haddad dan pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual santri Al-Mardiyah Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriftif kualitatif dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu menekan pada pengalaman peribadi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pengamalan pembacaan ratib Al-Haddad terhadap Kecerdasan Spiritual santri sangatlah signifikan terlihat dari bagaimana para santri bijak memecahkan permasalahan yang dihadipinya, ikhlas dalam menerima ketentuan-ketentuan dari Allah Swt, dan mampu memaknai setiap hakikat penciptaan makhluk atau hukum-hukum yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ratibul Haddad; Kecerdasan spiritual;
Subjects: Islam > Sufism
Islam > Sufi Theology
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Asep Yusup Hidayat
Date Deposited: 11 Nov 2019 06:37
Last Modified: 11 Nov 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26582

Actions (login required)

View Item View Item