Pengelolaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.PLN pada program bina lingkungan bank sampah di Kota Bandung: Studi kasus pada humas PT.PLN Persero unit induk distribusi Jawa Barat dan Banten

Amelia, Syifa Saatu (2019) Pengelolaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.PLN pada program bina lingkungan bank sampah di Kota Bandung: Studi kasus pada humas PT.PLN Persero unit induk distribusi Jawa Barat dan Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Program Bina Lingkungan Bank Sampah dilakukan oleh Tim CSR dan PKBL PT.PLN. Program ini dibuat sebagai bentuk kepedulian PT.PLN terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan sekaligus untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial perusahaan. Tujuan program Bank Sampah agar menjadikan masyarakat aware terhadap permasalahan sampah dan sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ada empat, pertama untuk mengetahui proses penentuan masalah yang dilakukan. Kedua untuk mengetahui tahap perencanaan. Ketiga, untuk mengetahui tahap implementasi yang dilakukan dalam kegiatan Bank Sampah. keempat untuk mengetahui tahap evaluasi yang dilakukan oleh Tim PKBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu wawancara secara langsung dengan Tim CSR dan PKBL PT.PLN dan observasi secara langsung ke lapangan. Hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT.PLN dalam mengelola program Bank Sampah diuraikan dalam empat tahapan yaitu: pertama, tahap analis situasi, analisis keadaan lingkungan serta survei lapangan dan sharing dengan masyarakat. Kedua tahap perencanaan yaitu dengan cara memperkenalkan program Bank Sampah, menetapkan tata cara prosedur Bank Sampah, memberikan sarana dan prasarana yang lengkap, dan membangun unit Bank Sampah. Ketiga tahapan implementasi, tahap ini mengimplementasikan seluruh kegiatan yang sudah ditetapkan dalam proses perencanaan. Keempat tahap evaluasi, tahapan yang dilakukan dengan melakukan audit pelaporan dan mengikuti forum Tanggung Jawab Sosial (TJSL). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya program Bank Sampah yang di Bina oleh PT.PLN bahwa: 1) kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat dan volume sampah yang di buang ke TPS pun berkurang. 2) Di Bandung sendiri sudah terdapat 131 Unit Bank Sampah yang tersebar di Kota Bandung. 3) masyarakat lebih paham akan pengolahan sampah yang baik dan benar serta bisa menghasilkan keuntungan bagi masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Management; Corporate Social Responsibility (CSR); Bank Sampah;
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: syifa amelia
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:14
Last Modified: 01 Sep 2020 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26678

Actions (login required)

View Item View Item