Manajemen kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah dalam meningkatkan mutu santri: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mudatsir Subang

Nurjanah, Susi (2019) Manajemen kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah dalam meningkatkan mutu santri: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Mudatsir Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Al-Mudatsir Subang sebagai lembaga Pendidikan Islam memiliki program kurikulum yang berbeda dengan pondok pesantren lainnya, Program Kurikulum tersebut berasal dari kiainya sendiri, atas kerja sama dengan ustadz dan ustadzah. Pondok pesantren menerima asumsi atau masukan dari orangtua santri serta dari masyarakat sekitar dalam hal program yang harus dimiliki pondok pesantren ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pondok pesantren salafiyah dalam meningkatkan mutu santri di Pondok Pesantren Salafiyah AL-Mudatsir Subang, Desa Kasomalang Wetan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Manajemen kurikulum ini meliputi:1) Perencanaan Kurikulum; 2) Pengorganisasian Kurikulum 3) Pelaksanaan Kurikulum 4) Evaluasi kurikulum 5) faktor yang mempengaruhi; dan 6) hasil dari manajemen kurikulum. Penelitian ini memfokuskan dari pada manajemen kurikulum Pondok Pesantren Al-Mudatsir Subang dalam meningkatkan mutu santri. Sehingga menjadi dampak terhadap proses pembelajaran santri dan hasil yang dicapai oleh pondok pesantren terhadap mutu santri. Sehingga dalam manajemen kurikulumnya harus benar-benar dirancang dan di analisis dengan benar dan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek dipenelitian ini ialah pimpinan pondok pesntren (kiyai), Ustadz dan santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dengan dengan cara reduki data, penyajian data dan kesimpulan dan dilanjutkan dengan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum yang di lakukan di Pondok Pesantren Al-Mudatsir dalam meningkatkan mutu santri yaitu: 1) Program kurikulum yang dibuat oleh kiai dan ustadz serta ustdzahnya; 2) Pengorganisasian program kurikulum dikelola oleh seluruh pengurus; 3) Pelaksanaan kurikulum disampaikan dengan menggunakan berbagai metode; 4) Evaluasi dibuat dengan mengadakan suatu acara pentas seni atau mereka menyebutnya dengan Muhadorohan; 5) Faktor yang mempengaruhi dari manajemen kurikulum tersebut terdapat fator internal dan faktor eksternal; 6) Hasil yang dicapai dari manajemen kurikulum dengan memiliki beberapa prestasi kejuaraan tingkat kabupaten dan provinsi serta prestasi lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Al-Mudatsir dalam Meningkatkan Mutu dapat dilihat dari Kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelakasanaan, evaluasi dapat menghasilkan output yang berkualitas dan bermutu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kurikulum; Pondok Pesantren; Santri
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Susi Nurjanah
Date Deposited: 04 Nov 2019 06:14
Last Modified: 04 Nov 2019 06:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26679

Actions (login required)

View Item View Item