Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik tema mengenal panas dan perpindahannya

Rahmania, Ferlia Putri (2019) Penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik tema mengenal panas dan perpindahannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yaitu masalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Rendahnya minat belajar tersebut dikarenakan guru kurang kreatif dalam penggunaan strategi pembelajaran, maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Minat belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle. 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada setiap siklus. 3) Minat belajar siswa setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan strategi pembelajaran yang menarik, di antaranya Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle diduga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Tematik dengan Tema Mengenal Panas dan Perpindahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menempuh langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif, dan menggunakan perhitungan untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Minat belajar siswa sebelum diterapkan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle masih rendah dengan rata-rata sebesar 1,9. (2) Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan. Adapun rata-rata aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai persentase sebesar 79%, sedangkan pada siklus II 95%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase sebesar 71%, pada siklus II 92%. (3) Minat belajar siswa setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle mengalami peningakatan. Rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 2,9, sedangkan pada siklus II 3,9. Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Tema Mengenal Panas dan Perpindahannya pada siswa kelas V MI Al-Islam Majalaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; Crossword Puzzle; pembelajaran tematik
Subjects: Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ferlia fey rahmania
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:06
Last Modified: 05 Nov 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26706

Actions (login required)

View Item View Item