Peranan reumah parenting dalam meningkatkan pemahaman orangtua tentang membimbing anak :penelitian di Lembaga Rumah Parenting Bandung

Restu, Weno Dwi (2017) Peranan reumah parenting dalam meningkatkan pemahaman orangtua tentang membimbing anak :penelitian di Lembaga Rumah Parenting Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Setiap anak-anak akan mengalami proses belajar, perlu disadari bahwa anak dilahirkan tidak semuanya dikaruniai dengan perilaku baik dan terpuji sebagaimana yang para orang tua harapkan. Saat ini banyak lembaga yang bergerak dibidang parenting, mereka menawarkan berbagai program sebagai solusi dalam menangani permasalahan orang tua dalam pengasuhan anak. Terutama lembaga yang menerbitkan buku tentang parenting bahkan banyak menyelenggarakan pelatihan dan seminar tentang parenting. Salah satu lembaga yang menawarkan jasa program tersebut adalah Rumah Parenting yang mengenalkan teknik pengasuhan lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui program pelaksanaan kegiatan rumah parenting. kedua, untuk mengetahui peran Rumah Parenting dalam mengatasi pemahaman orang tua, dan ketiga untuk mengetahui hasil program Rumah Parenting Bandung untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang membimbing anak. Penelitian ini bertitik tolak dari adanya kewajiban bagi setiap orang tua untuk mendidik anak dengan baik dan benar menurut Al-Quran dan Sunnah. Dengan demikian, sebagai para orang tua perlu meningkatkan pemahaman akan hal itu. Tentu saja proses peningkatan pemahaman ini berpijak pada kesadaran mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena itu penulis menyajikan laporan dengan sifat realitas yang sistematis dan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian program rumah parenting dalam meningkatkan pemahaman orang tua dalam membimbing anak berjalan dengan baik dan orang tua sangat antusias untuk senantiasa mengikuti pelaksanaan program dari rumah parenting yang ditandai dengan banyaknya undangan untuk melaksanakan kegiatan di kota-kota seluruh Indonesia. Selain itu hasil penelitian ini juga memperlihatkan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program. Dari penelitian ini, dapat di disimpulkan bahwa program rumah parenting di Jl. Cikadut, Kp. Mande No.33, Karang pamulang, Mandalajati, Bandung telah berperan besar dalam meningkatkan pemahaman orang tua tentang membimbing anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rumah PArenting; Pemahaman Orang Tua; Membimbing Anak;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:24
Last Modified: 04 Nov 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item View Item