Tindakan orang tua dalam menanggulangi dampak negatif gadget pada anak : Studi deskriptif di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Hakim, Lukman (2018) Tindakan orang tua dalam menanggulangi dampak negatif gadget pada anak : Studi deskriptif di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Diera globalisasi anak di zaman sekarang sudah mengenal gadget. Dengan adanya gadget anak dapat mengakses berbagai hal yang berdampak negatif, dalam hidup anak-anak dapat mengakibatkan ketergantungan setelah mengenal gadget. Banyak waktu yang terbuang karena sudah mengenal gadget, adanya rasa malas untuk belajar karena sudah mengenal gadget, menurunnya prestasi akademik dan menjadikan anak kurang bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, Pertama bagimana dampak negatif terhadap anak yang menggunakan gadget di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Kedua apa faktor yang mempengaruhi anak-anak menggunakan gadget di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung.Ketiga bagaimana tindakan orang tua dalam menanggulangi dampak negatif gadget pada anak di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan mengenai kejadian-kejadian yang tengah berlangsung di masyarakat. Sumber data yang di gunakan adalah primer sepuluh orang yang menjalankan aktifitas sehari-hari menjadi orang tua dan sekunder buku-buku, skripsi dan jurnal yang mendorong penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Pertama observasi Kedua wawancara Ketiga studi kepustakaan. Teknik analisis data yang di gunakan adalah Pertama mereduksi data Kedua penyajian data Ketiga kesimpulan dan verifikasi. Tempat penelitian di Kampung Pungkurloji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Max Weber yang membahas tentang tindakan sosial. Tindakan sosial Weber di bagi menjadi Empat yaitu Pertama rasionalitas instrumental Kedua rasionalitas yang berorientasi nilai Ketiga tindakan afektif Keempat tindakan tradisional. Keempat tindakan tersebut harus bisa menanggulangi dampak negatif gadget pada anak. Hasil yang di dapat pada penelitian ini adalah Pertama dampak negatif gadget menjadikan anak malas belajar, penurunan prestasi akademik, dan kurangnya bersosialisasi Kedua faktor yang pendorongnya adalah pembiaran tanpa adanya pengawasan dari orang tua, lingkungan sekitar yang mendorong bermain gadget dan games yang ada di dalam gadget Ketiga tindakan orang tua memberikan kegiatan positif pada anak seperti, menambah jam pelajaran, mencuci, sholat, beres-beres rumah atau memaksa untuk berhenti bermain gadgetnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dampak negatif; orang tua; penanggulangan
Subjects: Culture and Institutions > Parenthood
Communities > Community Sociology
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:29
Last Modified: 04 Nov 2019 02:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item