Terapi relaksasi zikir untuk meredakan insomnia studi kasus mahasiswa jurusan tasawuf psikoterapi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Ahmadah, Putri Ridwanah (2019) Terapi relaksasi zikir untuk meredakan insomnia studi kasus mahasiswa jurusan tasawuf psikoterapi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kehidupan masyarakat modern yang memiliki gaya hidup bervariasi menjadikannya kebanyakan dari orang dewasa mengalami gangguan tidur atau insomnia. Kebanyakan dari orang dewasa yang mengalami gangguan ini karena memiliki kinerja kehidupan yang ektra diantaranya karena bekerja ataupun jenjang pendidikan. Dikalangan mahasiswa salah satu yang rentan terhadap gangguan ini yang mana mahsiswa memiliki aktifitas lebih, baik secara akademis maupun non akademis.Faktor terjadinya insomnia diantaranya faktor psikologis, faktor psikiatri (kecemasan dan depresi), faktor fisik, faktor lingkungan,gaya hidup yang tidak sehat. Dari faktor tersebut memiliki dampak yang bisa merugikan bagi para mahasiwa yang sedang menjalani pendidikannya seperti dapat menurunkan kualitas hidup,gangguan mental dan menurunkan produktifitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum insomnia dikalangan mahasiswa yang sering terjadi menganggu segala aktifitas sehari hari dan memberikan intervensi terhadap mahasiswa yang mengalami insomnia melalui terapi relaksasi zikir yang dikembangkan dari respon relaksasi Benson Herbert. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskriptif, suatu pendekatan atau pelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala, fakta dan realita yang terjadi di lapangan.Subjek penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi di Universitas Islam Negeri Bandung yang berjumlahkan 7 orang dengan rentan semester empat dan delapan. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukan bahwa gambaran dari insomnia yang terjadi pada Mahasiswa Tasawuf Psikoterapi di Universitas Islam Negeri Bandung dikarenakan faktor aktivitas berlebih secara akademis maupun non akademis yang berujung kepada gangguan fisik dan psikis.Salah satu cara meredakan insomnia yaitu menggunakan intervensi melalui terapi relaksasi zikir. Dari terapi relaksasi zikir terdapat manfaat yang diterima oleh mahasiswa diantaranya merasakan suatu ketenangan dan kedamaian melalui frase atau zikir. Selain itu guna untuk menjadikan keimanan bertambah dan mengalami pengalaman-pengalaman transendensi.Hal ini menunjukan bahwa faktor keimanan memiliki pengaruh yang besar dan kuat untuk kesehatan mental dan fisik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: insomnia; Relaksasi zikir; Relaksasi Benson
Subjects: Religious Experiences
Physiology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Putri Ridwanah
Date Deposited: 06 Nov 2019 04:41
Last Modified: 06 Nov 2019 04:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26761

Actions (login required)

View Item View Item