Potret Wanita Sholehah Dalam Novel : Analisis Wacana Sara Mills Tentang Sosok Wanita Sholehah Dalam Novel Reem Karya Sinta Yudisia

Rosyidah, Robiatur (2019) Potret Wanita Sholehah Dalam Novel : Analisis Wacana Sara Mills Tentang Sosok Wanita Sholehah Dalam Novel Reem Karya Sinta Yudisia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Media Dakwah saat ini telah berkembang pesat. Penyampaiannya tidak hanya sebatas ceramah dari mimbar ke mimbar, tapi telah dikembangkan ke dalam media tulisan, audio, visual, audio visual dan internet. Diantara media melalui tulisan adalah novel. Banyak ditemukan cerita-cerita yang secara sadar atau tidak sadar menampilkan ajaran Islam dalam novel, salah satunya adalah novel Reem. Bagaimana sosok wanita sholehah ditampilkan dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wanita sholehah ditinjau dari posisi subjek (pencerita), posisi objek (yang diceritakan) dan posisi pembaca. Selain itu untuk mengetahui bagaimana sosok wanita sholehah digambarkan dalam novel Reem. Manfaat yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah semoga mampu menjadi rujukan untuk penelitian yang berkaitan dengan wanita dan wacana Sara Mills. Maka metode yang dilakukan peneliti adalah metode analisis wacana model Sara Mills. Metode analisis ini digunakan dalam penelitian yang memfokuskan pada wacana tentang perempuan. Bagaimana perempuan ditampilkan dalam teks, novel atau gambar. Dengan kerangka analisisnya adalah dilihat dari posisi subjek-objek (siapa yang menjadi pencerita dan siapa yang diceritakan) dan posisi pembaca. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah membaca, menelaah bacaan, menuliskan hasil telaah bacaan dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa posisi subjek atau pencerita dalam novel Reem adalah Reem Radhwa sebagai tokoh utama. Semua kejadian yang terjadi dalam novel adalah penggambaran sosok wanita sholehah yang ada pada diri Reem. Kemudian dari posisi objek atau yang diceritakan ada Kasim, Baba, Bibi Aisyah, Ilham, Alya dan Sadia. Sedangkan pada posisi pembaca, pembaca lebih mengidentifikasikan dirinya pada tokoh Reem selaku tokoh utama. Pembaca digiring untuk mampu melakukan dan menerapkan sikap yang dilakukan Reem dikehidupan sehari-hari. Di dalam novel terdapat delapan karakteristik wanita sholehah yang tergambarkan dalam tokoh Reem yaitu : a)senantiasa mengingat Allah, b)taat dan berbakti pada orangtua, c)sabar, d)lemah lembut dan ramah, e)tawakal, f)itsar/mendahulukan kepentingan orang lain, g)ingat mati, h)penghafal Alquran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Sara Mills; Wanita Sholehah; Novel
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Rhetoricand Collections of Literary > Essay Literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Robiatur Rosyidah
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:46
Last Modified: 05 Nov 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item