Tinjauan Yuridis terhadap penyelesaian sengketa jual beli gadai tanah di Kelurahan Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya

Meilani, Hani (2019) Tinjauan Yuridis terhadap penyelesaian sengketa jual beli gadai tanah di Kelurahan Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (853kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Dalam Perjanjian gadai tanah di Kelurahan Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya masih megacu kepada Hukum Adat. Pelaksanaan perjanjian gadai disini tidak mengenal batasan waktu Begitu pula perjanjian gadai atas tanah dilaksanakan hanya secara lisan dan jabat tangan saja (tidak ada bukti tertulis), tidak adanya saksi, dan hanya menanamkan rasa kepercayaan satu sama lain saja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akibat hukum apa yang muncul dari jual beli gadai tanah pertanian di Kelurahan Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya, dan untuk mengetahui kendala dan upaya hukum dalam penyelesaian sengketa jual beli gadai tanah pertanian di Kelurahan Sukamenak Kcamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Kerangka pemikiran yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah teori kepastian hukum, teori keadilan, KUHPerdata, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda Yang Berkaitan Dengan Tanah, Undang-Undang Nomor 56 Prp Tahun 1960 Tentang Penetapan Luas Tanah Pertania, Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan, Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor 6 tahun 2008 Tentang Pembentukan Kecamatan Burgusari dan Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu dengan menggambarkan peraturan mengenai jual beli gadai tanah yang berlaku sesuai teori-teori hukum yang berlaku. Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa akibat hukum dari perjanjian dibawah tangan tersebut sangat rentan dan lemah dimana hukum dimana sulitnya untuk menyelesaikan sengketa gadai tanah pertanian tersebut. Kendala dalam penyelesaian sengketa jual beli gadai tanah Kelurahan Sukamenak, yaitu: 1) Perjanjian jual beli gadai tanah pertanian yang dilakukan di Kelurahan Sukamenak tidak memakai bukti tertulis, hanya secara lisan, dan menanamkan kepercayaan satu sama lain saja dan juga tanpa adanya saksi.. 2) Gadai bagi masyarakat Kelurahan Sukamenak mempunyai fungsi sosial karena bersifat tolong menolong. 3) Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang keberadaan pertauran perundang-undangan yang mengatur tentang gadai tanah pertanian. 4) Kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh penyuluh hukum.. Adapun upaya hukum untuk menyelesaikan sengketa jual beli gadai tanah di Kelurahan Sukamenak sesuai Undang-Undang yang berlaku, yaitu: 1) Upaya hukum non litigasi yaitu dengan cara mediasi oleh Lurah sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 26 ayat (4) Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, bahwa Kepala Desa/Kelurahan harus menyelesaikan perselisihan atau sengketa yang ada di masyarakat tersebut. 2) Upaya hukum non litigasi, yaitu melalui proses beracara di Pengadilan dengan cara mengajukan gugatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penyelesaian senketa; jual beli; gadai tanah
Subjects: Economic of Land and Energy > Renting and Leasing Land
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Hani Meilani
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:27
Last Modified: 27 Nov 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item