Tanggapan siswa terhadap usaha orang tua dalam menerapkan disiplin membaca Al-Quran setelah shalat pengaruhnya terhadap kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian Deskriptif di Kelas VIII SMP Negeri 3 Cileunyi Bandung

Santika, Weni (2013) Tanggapan siswa terhadap usaha orang tua dalam menerapkan disiplin membaca Al-Quran setelah shalat pengaruhnya terhadap kemampuan mereka dalam membaca Al-Qur’an : Penelitian Deskriptif di Kelas VIII SMP Negeri 3 Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Penelitian terhadap permasalahan diatas dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan yang terjadi antara kegiatan baca tulis al-Qur’an (BTQ) di sekolah yang di bimbing langsung oleh guru PAI dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an, maupun kebiasaan membaca al-Qur’an di rumah setelah shalat bersama orang tua dengan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Dalam hal ini, kesenjangan yang dimaksud adalah kebiasaan yang sering dilakukan baik di sekolah maupun dirumah hasilnya berbeda dari apa yang diutarakan oleh guru PAI mengenai kemampuan dalam membaca al-Qur’an pada siswa kelas VIII yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap usaha orang tua dalam menerapkan disiplin membaca al-qur’an setelah shalat, kemampuan mereka dalam membaca al-qur’an, dan tanggapan siswa terhadap usaha orang tua dalam menerapkan disiplin membaca al-qur’an setelah shalat pengaruhnya terhadap kemampuan mereka dalam membaca al-qur’an. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui penyebaran angket, tes lisan, observasi serta analisis dokumentasi. Adapun jumlah sampel dari populasi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Cileunyi berjumlah 153 yang diambil adalah 31 orang siswa. Dengan menggunakan teknik sampel non random atau tidak diacak. Teknik pengelolaan datanya adalah dengan mencari Mean, median, modus, standar deviasi, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi serta perhitungan kadar pengaruhnya, mengenai analisis terhadap data dilakukan analisis diskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil pengelolaan data, diperoleh hasil angka rata-rata variabel X sebesar 3,44 dengan kategori cukup. Sedangkan angka rata-rata variabel Y sebesar 69,36 dengan kualifikasi cukup. Uji signifikansi t_hitung (2,22) > t_tabel (1,70) maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis aktif (Ha) diterima, yang menyatakan hubungan antara variabel X dan variabel Y signifikan, dan sesuai dengan hipotesis. Adapun koefesien korelasi dari kedua variabel tersebut adalah sebesar 0,38 dengan kategori rendah, sedangkan kadar pengaruh 14,14%, dengan demikian tanggapan siswa terhadap usaha orang tua dalam menerapkan disiplin membaca al-qur’an setelah shalat dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam membaca al-qur’an sebesar 14,14% sementara 85,86% masih dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: disiplin; al Qurán; shalat
Subjects: Islam > Koran
Islam > Salat
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 02:23
Last Modified: 04 Jul 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item