Perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Cangkuang : studi deskritif di Desa Cangkuang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Sa'adah, Aas Siti (2016) Perubahan sosial ekonomi masyarakat di Desa Cangkuang : studi deskritif di Desa Cangkuang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Perubahan Sosial Ekonomi di Desa Cangkuang, karena perubahan yang terjadi di desa ini yaitu dari segi sosial, ekonomi, gaya hidup dan lingkungan yang mana dengan masuknya industri perubahan tersebut merubah suatu kedaan masyarakat Desa Cangkuang ini, dilihat dari perubahan tersebut bahwa perubahan sosial ekonomi di desa ini terlihat jelas dengan banyaknya pembanguan industri di Desa Cangkuang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi di Desa Cangkuang Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Selain itu juga penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor perubahan sosial ekonomi di masyarakat, dan upaya masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial tersebut setelah masuknya perindustrian di desa ini. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial yang di bawa oleh Max Weber mengenai tindakan rasional, yang mana perubahan sosial, tindakan yang dilakukan oleh seseorang dengan memperhitungkan keberadaan orang lain atau tindakan individu yang mempengaruhi individu-individu lain dalam masyarkat. Teori ini sesuai dengan perubahan sosial ekonomi di masyarakat yang mana pada dasarnya masyarakat bermata pencaharian petani kini berubah ke sektor industri hal ini dipengaruhi oleh individu atau kelompok yang melihat peluang ekonomi yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data primer dihasilkan dari pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber referensi berupa buku-buku dan arsip lainnya yang relevan dengan kegiatan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perubahan Sosial Ekonomi di Desa Cangkuang ini mengalami perubahan yang sangat pesat baik itu dari sosial, ekonomi, gaya hidup dan lingkungan yang mana dampak dari perubahan tersebut sistem sosial, ekonomi, gaya hidup dapat merubah masyarakat desa karena dengan adanaya industri tersebut. Faktor penyebabnya yaitu adanaya lahan dan tempat yang sangat strategis yang dapat di jadikan usaha oleh para masyarakat, kemudian faktor mata pencaharian yang di dominasi oleh masyarat buruh pabrik, karena semakin banyaknya industri pelung kerja pun semakin banyak, dan faktor pendidikan yang merubahnya kehidupan masyarakat desa karena dengan berpendidikan perubahan perekonomian masyarakat akan baik, hal ini dapat memudahakan untuk mencari pekerjaan. Upaya masyarakat dalam perubahan tersebut dengan adanya kerjasama dengan desa yang dapat memudahkan perekonomian masyarakat dengan membuka usaha-usaha dan membuka konveksi kecil-kecilan di desa upaya ini di dukung oleh Bumdes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Ekonomi; Masyarakat;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:37
Last Modified: 05 Nov 2019 01:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item