Dinamika dakwah komunitas remaja : studi deskriptif analisis komunitas remaja Ukhuwah Nurul Yaqin (REUNY) Kampung Cipanas Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Asriani, Rima (2019) Dinamika dakwah komunitas remaja : studi deskriptif analisis komunitas remaja Ukhuwah Nurul Yaqin (REUNY) Kampung Cipanas Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah ialah mengajak dan menyeru manusia kepada jalan kebaikan. Dakwah juga merupakan kewajiban bagi manusia yang berlandaskan pada Al Quran dan As Sunnah yang harus dilakukan oleh semua kalangan. Salah satunya dilakukan oleh komunitas. Dakwah juga dapat diartikan sebagai proses transformasi ajaran islam, dari seseorang atau sekelompok da’i kepada mad’u dengan tujuan ajaran dan nilainilai islam untuk perbaikan sikap dan perilaku manusia yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dakwah, bagaimana bentuk kegiatan dakwah, dan bagaimana problematika dakwah yang terjadi pada komunitas Remaja Ukhuwah Nurul Yaqin (REUNY) Kp. Cipanas Desa Margamukti Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini tentu harus memiliki keterkaitan dengan apa yang dibahas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agama dan kebutuhan beragama, teori ini dikemukakan oleh Emile Durkheim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, yaitu dengan memberikan gambaran mengenai kegiatan dakwah dari komunitas Remaja Ukhuwah Nurul Yaqin dan menjelaskan secara rinci hasil yang didapat selama penelitian yang dilakukan. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses kegiatan dakwah yaitu melalui pembinaan pada para anggota, pengamalan hasil dari pembinaan dan pengajaran. Bentuk kegiatan dakwah dari komunitas Remaja Ukhuwah Nurul Yaqin yaitu dakwah hizbiyah dengan mengadakan pengajian, mengadakan seminar keislaman, membuat bulletin dan menggunakan media sosial facebook dan instagram sebagai media dakwah, menjadi fasilitator untuk mengajarkan para orang tua yang belum bisa membaca Al Quran, membantu anak-anak yang akan mengikuti perlombaan baik yang bersifat akademik maupun fisik. Dan Problematika dakwah dari komunitas Remaja Ukhuwah Nurul Yaqin yaitu faktor remaja yang terpengaruhi oleh lingkungan sehingga mempengaruhi kaderisasi, faktor pemerintah yang masih acuh, dan media elektronik seperti komputer dan sumber keilmuan yang masih minim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Dinamika; Komunitas
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rima Asriani
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:52
Last Modified: 05 Nov 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item