Sosialisasi pendidikan berkarakter dalam Gerakan Pramuka: Penelitian tentang pembentukan karakter anak didik di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak Desa Bungbangsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur

Adawiyah, Nursari Robiah (2019) Sosialisasi pendidikan berkarakter dalam Gerakan Pramuka: Penelitian tentang pembentukan karakter anak didik di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak Desa Bungbangsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan moral atau karakter bangsa sudah bukan lagi menjadi hal baru di masyarakat pada saat ini. Salah satu faktor penyebabnya dari lingkungan tempat tinggal bisa menjadi rusaknya mental dan karakter bangsa serta tidak lepas juga dari salah satunya pendidikan sekolah sekarang yang kebanyakan hanya mengedepankan pada aspek keilmuan dan kecerdasan peserta didik bukan pada karakter anak didik saat ini. Dari permasalahan itulah pendidikan mulai menggiatkan pelaksanaan sosialisasi pendidikan karakter non-formal yakni dalam gerakan pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendidikan karakter dalam gerakan pramuka, bentu-bentuk kegiatan pendidikan karakter dalam gerakan pramuka, serta untuk mengetahui hasil yang yang dicapai program gerakan pramuka dalam pendidikan karakter di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak melalui sosialisasi pendidikan karakter dalam gerakan pramuka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosialisasi yang dikemukakan oleh Herbert Mead. Mead menguraikan tahap perkembangan diri manusia. Diri manusia berkembang secara bertahap melalui interaksi dengan anggota lain dengan bertahap agar dirinya siap untuk menyesuaikan dirinya dikehidupan masyarakat sesuai dengan peran dan fungsinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak, informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, Siswa-Siswi, Keluarga Siswa-Siswi, dan Tokoh Masyarakat. Pengambilan data dilakukan dengan memulai wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa sosialisasi pendidikan karakter dalam gerakan pramuka di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak cukup baik dalam menghasilkan anggota pramuka yang bisa menyesuaikan diri dilingkungan sekolah dan dilingkungan masyarakat sesuai dengan peran dan fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi; pendidikan karakter; gerakan pramuka;
Subjects: Knowledge > Intellectual Life
Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: nursari robiah adawiyah
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:35
Last Modified: 05 Nov 2019 03:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26826

Actions (login required)

View Item View Item