Pengaruh margin murabahah dan bagi hasil mudharabah terhadap laba tahun berjalan pada PT. Bank Sinarmas Syariah periode 2013-2018

Hadi, Haudifia Dwinda (2019) Pengaruh margin murabahah dan bagi hasil mudharabah terhadap laba tahun berjalan pada PT. Bank Sinarmas Syariah periode 2013-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan margin murabahah adalah akad jual beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati antara pihak bank dengan nasabah. Bagi hasil menurut terminologi memiliki arti profit sharing. Profit sharing secara istilah merupakan distribusi beberapa bagian laba pada para pegawai dari suatu perusahaan. Laba tahun berjalan adalah laba yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran utang pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Margin Murabahah Terhadap Laba Tahun Berjalan, (2) pengaruh Bagi Hasil Mudharabah Terhadap Laba Tahun Berjalan, (3) pengaruh Margin Murabahah dan Bagi Hasil Mudharabah Terhadap Laba Tahun Berjalan pada PT. Bank Sinarmas periode 2013-2018. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Bank Sinarmas periode 2013-2018 melalui website resminya www.banksinarmas.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana dan ganda, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi). Untuk analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh kesimpulan bahwa secara parsial Margin Murabahah terbukti tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan dengan hasil nilai thitung < ttabel (1,760 < 2,100) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,095 > 0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Bagi Hasil Mudharabah terbukti tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Laba Tahun Berjalan dengan hasil nilai hasil thitung < ttabel (0,773 < 2,100) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,450 > 0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Margin Murabahah dan Bagi Hasil Mudharabah terbukti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap laba tahun berjalan dengan hasil nilai Fhitung < Ftabel (2,653 > 3,59) dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai profitabilitas 0,05 (0,099 < 0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Margin Murabahah; Bagi Hasil Mudharabah; Laba Tahun Berjalan;
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Haudifia D Hadi
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:20
Last Modified: 05 Nov 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26833

Actions (login required)

View Item View Item