Manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Luqmanul Hakim Bandung

Ismail, Silmy Hayati (2019) Manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Luqmanul Hakim Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Badung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BABI)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BABII)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BABIII)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BABIV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BABV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan target yang diperjuangkan oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan, lembaga pendidikan SMPIT Luqmanul Hakim Bandung ditentukan oleh komponen-komponen pendidikan, salah satunya adalah tenaga pendidik (guru). Tenaga pendidik adalah bagian penting dalam pendidikan, karena dapat menciptakan generasi bangsa yang kompeten. Penerapan manjemen yang baik menunjukkan variasi dalam perencanaan program-program yang ditawarkan untuk menuju lembaga pendidikan bermutu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil, perencanan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi tenaga pendidik. Disamping itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang dicapai dari manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada teori manajemen tenaga pendidik yaitu: perencanaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan kompensasi tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumen dan menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah penafsiran deskriptif yang semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, pemeriksa sejawat, bahan referensi, membercheck, uraian rinci, audit kebergantungan, audit kepastian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa penyelenggaraan pendidikan SMPIT Luqmanul Hakim Bandung telah didukung oleh manajemen tenaga pendidik yang baik, yaitu : perencanaan tenaga pendidik yang dilakukan dengan analisis kebutuhan tenaga pendidik, rekrutmen tenaga pendidik yaitu meliputi persyaratan rekrutmen tenaga pendidik, seleksi tenaga pendidik meliputi seleksi administratif, wawancara, tes potensi dasar, dan psikotes, penempatan tenaga pendidik disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan dan kemampuan tenaga pendidik, pelatihan dan pengembangan terdiri dari pelatihan ruang lingkup Yayasan, SMPIT Luqmanul Hakim Bandung dan Dinas pendidikan, penilaian kinerja yakni berupa buku evaluasi tenaga pendidik, kompensasi tenaga pendidik yaitu adanya bonus untuk mengapresiasi tenaga pendidik. Keberhasilan ini tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu tenaga pendidik yang dapat menyamakan persepsi tentang pendidikan di Yayasan Luqmanul Hakim Bandung 1995 Bandung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya tenaga pendidik yang belum berlatar belakang S1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tenaga Pendidik; Mutu Pendidikan;
Subjects: Education
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silmy hayati ismail
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:41
Last Modified: 11 Nov 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26836

Actions (login required)

View Item View Item