Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap kejahatan kemanusiaan dalam Pelanggaran Berat Hak Asasi Manusia: Analisis pasal 9 huruf a UU No 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM

Ratna Sari, Siti Rukoyah (2019) Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap kejahatan kemanusiaan dalam Pelanggaran Berat Hak Asasi Manusia: Analisis pasal 9 huruf a UU No 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia dibuat bertujuan sebagai penegakan hukum terhadap pelanggaran HAM berat yang ada di Indonesia. Banyaknya masyarakat yang mengatakan beberapa kasus yang terjadi di Indonesia merupakan salah satu bentuk dari kejahatan kemanusiaaan, akan tetapi pemerintah tidak mengakui tindakan tersebut masuk kedalam kategori kejahatan kemanusiaan dalam bentuk pembunuhan. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat di dalam skripsi ini adalah mengenai perbedaan pembunuhan pidana biasa dengan pembunuhan dalam kejahatan kemanusian pasal 9 huruf a UU No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, dan mengetahui unsur serta sanksinya, kemudian ditinjau menurut Hukum Pidana Islam. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an Al- Isro Ayat 70, UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan tindak kejahtan kemanusiaan, Adapun teori-teori yang digunakan ialah teori unsur-unsur tindak pidana, teori perjanjian negara, teori unsur-unsur hukum pidana islam. Penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan lebih memfokuskan pada pendekatan yuridis normative, pendekatan ini dilakukan dengan studi kepustakaan atau studi literatur, serta didukung dengan informan dari Akademisi Fakultas Hukum Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung, adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dimana metode ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari apa yang diamati. Hasil dari penulisan ini ingin mendeskripsikan dan menganalisa pembunuhan dalam kejahatan kemanusiaan dan tinjauannya menurut Hukum Pidana Islam. Diakhir tuliskan disimpulkan bahwa kejahatan kemanusian dalam bentuk pembunuhan ternyata berbeda dengan pembunuhan pada kasus pidana biasa. Kesimpulan lainnya dilihat dari segi Hukum Pidana Islam, sanksi yang biasa diberikan pada pelaku kejahatan kemanusiaan dapat berupa qishash-diyat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HAM Berat;Kejahatan Kemanusiaan
Subjects: International Law
International Law > Human Rights
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Siti Rukoyah Ratna Sari
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:41
Last Modified: 08 Nov 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26886

Actions (login required)

View Item View Item