Penerapan metode Sustained Silent Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa:Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Ikhlasul Jama'ah Cijerah Kota Bandung

Rachman, Husainah Nur Syahim (2019) Penerapan metode Sustained Silent Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa:Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Ikhlasul Jama'ah Cijerah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa dalam membaca serta mengalami kesulitan dalam memahami isi teks bacaan. Di antaranya adalah, siswa tidak mampu membedakan antara pokok pikiran dengan ide pokok paragraf. Ketika membaca dan menuliskan informasi yang dipahaminya siswa cenderung hanya menyalin teks bacaan tersebut dan tidak menggunakan bahasanya sendiri yang sesuai dengan apa yang dipahaminya, disaat membaca sebuah soal yang diajukan oleh guru, siswa berulangkali bertanya maksud dari soal tersebut dan menjawab pertanyaan tersebut dengan salah. Kegiatan pembelajaran yang kurang memfasilitasi siswa dalam kegiatan membaca pemahaman, kegiatan yang dilakukan hanya membaca sekilas secara bergantian setiap siswa membaca beberapa kalimat dan dilanjutkan oleh siswa lainnya dan pembelajaran yang hanya berfokus pada pengerjaan latihan soal yang ada pada buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum menerapkan metode Sustained Silent Reading, 2) mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan metode Sustained Silent Reading untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa, 3) mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa setelah penerapan metode Sustained Silent Reading. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran berupa rancangan rencana pembelajaran dan lembar kerja siswa, sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan pengolahan dan pengumpulan data hasil yang didapatkan adalah rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada saat pra siklus mendapat skor 54, lalu pada siklus I rata-rata kemampuan membaca pemahaman meningkat menjadi 72 dan lebih meningkat lagi pada siklus II dengan mendapatkan skor 89. Sedangkan persentase ketuntasan kemampuan membaca pemahaman pada pra siklus adalah sebesar 36%, dari 25 siswa hanya 9 siswa yang telah tuntas memenuhi KKM dan 16 siswa lainnya belum tuntas. Pada siklus I persentasenya meningkat menjadi 56%, di antaranya 14 siswa telah tuntas dan 11 siswa lainnya belum tuntas. Lalu pada siklus II persentasenya meningkat dari sebelumnya menjadi 96%, di antaranya 24 siswa telah tuntas memenuhi KKM dan hanya 1 orang yang belum memenuhi KKM. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode sustained silent reading dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sustained silent reading; Kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Husainah H rachman
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:30
Last Modified: 07 Nov 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26894

Actions (login required)

View Item View Item