Tanggapan Siswa terhadap Pembiasaan Membaca Asma Al-Husna Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mereka pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Deskriptif di Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung)

Yoyoh Rosmawati, Yoyoh (1209202214) (2013) Tanggapan Siswa terhadap Pembiasaan Membaca Asma Al-Husna Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mereka pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Deskriptif di Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas studi pendahuluan di lapangan dengan jalan observasi secara langsung dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran PAI bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna cukup bagus. Hal ini terlihat sebagian siswa ada yang hafal dan selalu membacakan Asma Al-Husna. Sementara disisi lain motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih rendah, hal ini terlihat dari banyak siswa yang tidak semangat dalam belajar, serta kurang memperhatikan ketika pembelajaran berlangsung. Dengan demikian hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Hal ini menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui realitas tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna, realitas motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung pada mata pelajaran PAI, dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh pembiasaan membaca Asma Al-Husna. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya di bagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi dengan Product Moment. Dari hasil analisis diperoleh kenyataan bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna (variabel X) diperoleh hasil 4,31, nilai tersebut termasuk kategori sangat tinggi karena berada pada rentang interval 4,20–5,00. Hal ini menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asma Al-Husna adalah baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI (variabel Y) diperoleh hasil 4,14, nilai tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada rentang interval 3,40–4,19. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI adalah baik. Hubungan variabel X dengan variabel Y termasuk kategori rendah dengan nilai korelasi 0,25. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu t_h(1,59)< t_t(2,025) dengan taraf signifikansi 5%, hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Adapun kadar hubungan variabel X dengan variabel Y yaitu sebesar 6,25%. Hal ini berarti masih terdapat 93,75% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asmaul Husna, motivasi, pendidikan agama islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Nama-nama Allah, Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 04 Feb 2016 02:32
Last Modified: 14 Mar 2016 09:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item