Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan pembelajaran advokasi :penelitian tindakan kelas di Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah

Komalasari, Yusri (2015) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan pembelajaran advokasi :penelitian tindakan kelas di Kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang dilakukan dikelas X-9 SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) gambaran proses pembelajaran yaitu aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran advokasi pada setiap siklus; (b) kemampuan komunikasi matematik siswa pada setiap siklus yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajara advokasi; (c) kemampuan komunikasi matematik siswa setelah mengikuti seluruh siklus yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran advokasi; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran advokasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal komunikasi matematik dan instrumen non tes berupa lembar observasi dan skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran proses pembelajaran yaitu aktivitas siswa pada siklus I sebagian besar tidak percaya diri dan belum terbiasa dengan model pembelajaran, serta kelas tidak kondusif meningkat menjadi lebih percaya diri serta terbiasa dengan model pembelajaran pada siklus II. Juga pada aktivitas guru mengalami peningkatan dari tidak dapat membimbing siswa pada siklus I menjadi dapat membimbing siswa serta mengkondisikan siswa dengan baik di siklus II. (b) Rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 76,2 dengan kategori baik, meningkat menjadi 77.8 dengan kategori baik dari nilai maksimal 100. (c) Rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa setelah mengikuti pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori baik yaitu sebesar 79 dengan nilai maksimal 100. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran advokasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa menunjukkan respon positif pada setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran; Advokasi; Komunikasi Matematik;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:19
Last Modified: 06 Nov 2019 03:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item View Item