Implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional bantar gebang kota Bekasi : Studi kasus Peraturan daerah nomor 6 tahun 2012 tentang penyelenggaraan kerja sama pemerintah kota Bekasi dengan pihak ketiga

Efriani, Gesit Fratika (2019) Implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional bantar gebang kota Bekasi : Studi kasus Peraturan daerah nomor 6 tahun 2012 tentang penyelenggaraan kerja sama pemerintah kota Bekasi dengan pihak ketiga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang ketertarikan peneliti terhadap implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional Bantar Gebang kota Bekasi dikarenakan kurang optimlanya pelaksanaan kebijakan pasar tradisional Bantar Gebang kota Bekasi serta kurangnya pengawasan tentang perencanaan, pembinaan dan pengendalian pasar yang menyebabkan keadaan pasar tidak teroganisir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana progres kebijakan revitalisasi pasar tradisional Bantar Gebang kota Bekasi. Teori yang digunakan peneliti yaitu menurut Van Metter Van Horn (Winarno:142) yang di dalamnya terdapat 6 dimensi indikator keberhasilan implementasi kebijakan yaitu, ukuran-ukuran dasar dan tujuan kebijakan, sumber-sumber kebijakan, komunikasi antar organisasi dan kegiatan-kegiatan pelaksana, karakteristik badan-badan pelaksana, kondisi ekonomi, sosial dan politik, kecenderungan pelaksana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian secara observasi langsung dengan mengumpulkan data wawancara kepada staff dinas perindustrian dan perdagangan, pedagang di pasar tradisional Bantar Gebang dan masyarakat sekitar pasar Bantar Gebang. Hasil dari penelitian ini adalah ukuran dan sasaran kebijakan yang masih belum maksimal. Karena keadaan pasar yang masih tidak terorganisir dan masih tidak terstruktur, sumber-sumber kebijakan, sumber kebijakan yang dimaksud pada pembahasan ini adalah sumber daya manusia dan sumber daya finansial, komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas ini dilakukan oleh dinas perindustrian dan perdagangan kota Bekasi dengan cara rutin mengadakan rapat setiap minggu sampai setiap bulannya, rapat itu sendiri terdiri dari rapat rutin mingguan, rapat kordinasi dan rapat evaluasi, karakteristik implementor sangat mendukung tetapi kinerja yang diberikan kurang maksimal dari dinas perindutrian dan perdagangan maupun dari pihak swasta itu sendiri. Sehingga PAD yang telah ditargetkan belum bisa dicapai, kondisi ekonomi, sosial dan politik pasar bantar gebang setelah dan sebelum direvitalisasi cukup berbeda setelah direvitalisasi keadaan pasar agak cukup membaik dibandingkan sebelum revitalisasi, kecenderungan implementor kebijakan revitalisasi pasar tradsisional bantar gebang kota Bekasi sangat antusiah dalam hal ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi; pasar tradisional; revitalisasi
Subjects: Public Administration
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: gesit fratika efriani
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:35
Last Modified: 12 Nov 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item