Membina keluarga muda dengan pendekatan Tazkiyatun Nafs: Studi kasus pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2015

Budiarti, Sinta (2019) Membina keluarga muda dengan pendekatan Tazkiyatun Nafs: Studi kasus pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover[1].pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak[1].pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi[1].pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB_1[1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB_2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB_3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB_4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar_pustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pernikahan dini yang tidak hanya terjadi di masyarakat, pernikahan dini pun terjadi di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri(UIN)Sunan Gunung Djati Bandung. Banyak para mahasiswa nya melakukan pernikahan di usia yang tergolong muda, pasangan yang melakukan pernikahan untuk menghindari perbuatan zinah dan untuk melaksanakan perintah Allah Swt. Penelitian ini hendak menggali bagaimana konsep keluarga yang ideal menurut Islam dan bagaimana cara keluarga muda menyelesaikan konflik-konflik rumah tangga dengan pendekatan tazkiyatunnafs. Situasi dan kondisi diatas mengantarkan peneliti untuk memahamikonsep keluarga yang ideal menurut islam dan cara keluarga muda menyelesaikan konflik-konflik rumah tangga dengan tazkiyatunnafs. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer,yaitu data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan respondendan informan. Adapun responden dalam penelitian ini yakni pasangan suami-istri yang telah melangsungkan perkawinan pada usia muda. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif. Landasan teori yang digunakan adalah teori pembinaan,teori keluarga dan teori tazkiyatunnafs. Berdasarkan analisa data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Tazkiyatunnafs merupakan upaya pembersihan jiwa, mengenal akhlakul karimah, membersihkan akhlak buruk seperti hasad, dengki, ghibah agar tingkah laku kita dan perbuatan kita dapat terkontrol sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Dan pembersihan diri dari sifat-sifat tercela yang dapat membuat hati menjadi kotor dan mati. Konsep keluarga ideal menurut islam adalah keluarga yang berjuang bersama-sama untukmenggapai ridha Allah sesuai dengan sunah Nabi,berusaha membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah dan keluarga yang tuduk patuh kepada syariat islam dan masing-masing peran dalam keluarga menjalankan nya dengan syariat islam. Cara keluargamu dan menghadapi konflik-konflik rumah tangga dengan tazkiyatunnafs yaitu dengan cara melakukan riyadhah atau latihan, mujahadah dan dzikir sehingga hati menjadi tenang dan terhindar dari pemicu-pemicu konflik rumah tangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: sinta budi arti
Date Deposited: 07 Nov 2019 05:14
Last Modified: 07 Nov 2019 05:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item