Pengaruh ceramah Ustaz Hanan Attaki pada media youtube terhadap akhlak: Penelitian pada Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada angkatan ke-6

Wati, Niko Fatul Nur Kurnia (2019) Pengaruh ceramah Ustaz Hanan Attaki pada media youtube terhadap akhlak: Penelitian pada Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada angkatan ke-6. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh, salah satu masalah yang dihadapi pada era milenial, dimana sekarang youtube menjadi salah satu media yang populer pada saat ini, maka dari itu penulis ingin sekali melakukan penelitian tentang pengaruh cermah ustaz Hanan Attaki pada media youtube terhadap akhlak. Sering saya melihat mahasiswa yang sedang menonton youtube seperti melihat kajian ceramah ustaz Hanan Attaki seperti sedang kajian secara kejauhan, maka dari itu penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh orang yang sering melihat ceramah akankah berpengaruh terhadap akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Bagaimana peran ceramah, untuk mengetahui gambaran akhlak dan untuk mengetahui pengaruh ceramah Ustaz Hanan Attaki pada media youtube pada Himpunan Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dari teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Populasi penelitian ini adalah Himpunan Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan ke-6, dengan menggunakan sampel sebanyak 64 reponden dengan uji regresi dan dibantu dengan uji korelasi. Ada dua teori yang saya gunakan dalam penelitian ini. Pertama, teori Ceramah yang dikemukakan oleh Dimyanti yaitu sebuah interaksi yang dilakukan melalui penuturan dan penjelasan secara lisan. Kemudian Kedua, teori Akhlak yang dikemukakan oleh Anis Matta yaitu nilai atau sebuah pemikiran yang telah menjadi sikap yang tertanam di dalam jiwa, kemudian muncul lah sebuah tindakan dan prilaku yang sifatnya natural dan alamiah tanpa dibuat-buat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran ceramah yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 38 dari total sampel 64 dengan presentase 59,375% dan kategori tinggi sebanyak 26 dari total sampel 64 dengna presentase 40,625%. Sedangkan gambaran akhlak yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 36 dari total sampel 64 dengan presentase 56,25% dan kategori tinggi sebanyak 28 dari total sampel 64 dengna presentase 43,75%. Serta pengaruh pengaruh ceramah Ustaz Hanan Attaki pada media youtube pada akhlak yang telah dilakukannya penelitian menggunakan uji regresi dan korelasi sebesar 0,00 dan 0,592. Kesimpulannya berarti terdapat pengaruh ceramah ustaz Hanan Attaki pada media Youtube terhadap Akhlak pada Himpunan Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ceramah; Ustaz Hanan Attaki; Youtube; Akhlak; Himpunan Mahasiswa Ahli Sunnah Wal Jamaah (HIMA ASWAJA)
Subjects: Islam
Islam > Sermons and Preaching
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Niko Fatul Nur Kurnia Wati
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:29
Last Modified: 12 Nov 2019 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26998

Actions (login required)

View Item View Item