Implementasi kebijakan tentang pemungutan Retribusi Pasar oleh Unit Pelaksana Teknis Pasar Talaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majalengka tahun 2018

Mubarok, Miki Makiyatul (2019) Implementasi kebijakan tentang pemungutan Retribusi Pasar oleh Unit Pelaksana Teknis Pasar Talaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majalengka tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKS)
2_abstarks.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DSFTSR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Setiap Daerah mempunyai potensinya masing-masing, begitupun di Kabupaten Majalengka yang mana salah-satu potensi Daerahnya berasal dari sektor Pasar, untuk memaksimalkan potensi tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Pasar yang ada di Kabupaten Majalengka, dan salah-satu Pasar yang ada di Kabupaten Majalengka adalah Pasar Talaga, Pasar talaga terletak di bagian Selatan Majalengka. di Pasar Talaga sendiri penerapan Kebijakan tersebut belumlah maksimal, hal itu dapat dilihat dari para pedagang yang belum menyedari betul tentang kewajibannya untuk membayar Retribusi, lalu kurang tegasnya para petugas pemungut Retribusi yang dimiliki UPT Pasar Talaga serta masih kurangnya Komunikasi antar petugas Pasar dan Pedagang. Atas dasar itulah yang melatarbelakangi peneliti untuk menulis Skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jalannya peroses pengelolaan Retribusi Pasar di Pasar Talaga Kabupaten Majalengka, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang timbul dalam mengimplementasikan kebijakan tentang pemungutan Retribusi Pasar yang ada di Pasar Talaga Kabupaten Majalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori Edward III dalam Widodo, (2010 : 97) Dalam pendekatan yang diterapkan oleh Edward iii, terdapat empat variabel yang sangat menentukan keberhasilan keberhasilan implementasi suatu kebijakan, yaitu (i) Komunikasi (ii)Sumber daya (iii) Disposisi (iv) Struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi secara mendalam dengan analisis deskriptif. artinya penulis menggambarkan keadaan yang ada pada saat sekarang di lokasi/objek serta menanyakan secara langsung dengan tanya jawab dengan pihak yang bersangkutan kemudian mendeskripsikannya Hasil penelitian menunjukan bahwa terkait masalah kebijakan penarikan Retribusi Pasar di Pasar Talaga Kabupaten Majalengka belum menunjukan hasil yang cukup baik, hal ini dapat dilihat dari para petugas yang terlibat belum tegas dalam memungut Retribusi, masih kurang efektifnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak UPT Pasar Talaga dan juga masih adanya pedagang yang belum memiliki kesadaran akan kewajibanya untuk membayar retribusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan; Retribusi; Pasar
Subjects: Commerce, Trade
Commerce, Trade > Retail Trade
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: miki makiyatul
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:11
Last Modified: 08 Nov 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27006

Actions (login required)

View Item View Item