Peran Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam menangani kasus kekerasan wartawan : Stusi kasus terhadap AJI Kota Bandung

Febriani, Hani (2019) Peran Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam menangani kasus kekerasan wartawan : Stusi kasus terhadap AJI Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar%20pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Wartawan dalam mencari berita akan dihadapkan dengan berbagai persoalan dan kesulitan di lapangan. Termasuk kejadian yang sudah menjadi rahasia umum bagi dunia wartawan, seperti kekerasan oleh beberapa pihak tertentu saat melakukan liputan. Kekerasan wartawan yang terjadi semakin tahun semakin meningkat. Banyaknya kasus kekerasan wartawan akan menghambat tugas wartawan sebagai pencari berita. Salah satu peran Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai organisasi wartawan tentu sangat penting dan bertanggung jawab dalam menangani kasus kekerasan wartawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung menangani kasus kekerasan wartawan dengan mengetahui (1) proses advokasi, (2) proses litigasi, dan (3) perlindungan wartawan, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap tentang kekerasan wartawan yang jarang terlihat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Organisasi Stephen P. Robbins (1994), Robbins menyebutkan tugas organisasi adalah mempelajari struktur, fungsi dan performasi organisasi beserta perilaku kelompok dan performasinya organisasi beserta perilaku kelompok dan individu agar di dalamnya mencapai tujuan yang luas dan rumit. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kasus dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis data. Penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana peran AJI Kota Bandung menangani kasus kekerasan wartawan, yang dibentuk ke dalam proses advokasi, proses litigasi, dan perlindungan wartawan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses advokasi dilakukan kepada anggota AJI Bandung dengan syarat membuat laporan, tujuan advokasi agar tidak terjadi kasus kekerasan wartawan. Proses litigasi tidak pernah dilakukan karena ada kendala dan hambatan. Perlindungan wartawan dilakukan AJI Bandung dengan melihat pada Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Secara keseluruhan, AJI Bandung dalam menangani kasus kekerasan wartawan memiliki kendala dan tingkat kesulitan dan kemudahan yang berbeda tergantung kasusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Aliansi Jurnalis Independen (AJI); Kasus Kekerasan; Wartawan
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hani Febriani
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:24
Last Modified: 11 Nov 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item