Penerapan model tebak kata untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Bandung

Patimah, Siti (2019) Penerapan model tebak kata untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III MI Plus Darul Hufadz Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang dilakukan peneliti di kelas III pada pembelajaran tematik di MI Plus Darul Hufadz. Ketika melakukan observasi terdapat peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Model atau metode yang digunakan guru hanya ceramah saja, sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui; 1) aktivitas belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran tebak kata pada pembelajaran tematik; 2) proses penerapan model tebak kata pada pembelajaran tematik; dan 3) peningkatan aktivitas belajara peserta didik pada pembelajaran tematik setelah diterapkan model pembelajaran tebak kata setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar peserta didik dipengaruhi oleh proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan menggunakan model tebak kata. Model tebak kata merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang senang bermain. Belajar sambil bermain akan lebih melibatka interaksi peserta didik yang berani mengeluarkan pendapat serta memunculkan rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran tebak kata dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan upaya yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan tindakan praktis secara refleksi dari tindakan tersebut dengan tujuan meningkatkan mutu pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-B MI Plus Darul Hufadz yang berjumlah 40 Siswa yang semuanya perempuan. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model tebak kata terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada setiap siklus. Hasil aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model tebak kata dari siklus I memperoleh rata-rata 64,39%. Adapun pada silkus II aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model tebak kata mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 87,3%. Maka dalam hal ini model tebak kata dapat digunakan dan sesuai dengan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model tebak kata; aktivitas belajar peserta didik
Subjects: Adult Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Patimah
Date Deposited: 11 Nov 2019 03:24
Last Modified: 11 Nov 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27063

Actions (login required)

View Item View Item