Layanan bimbingan pranikah dalam meningkatkan keharmonisan keluarga: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cileunyi

Amelia, Nida (2019) Layanan bimbingan pranikah dalam meningkatkan keharmonisan keluarga: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Islam menganjurkan umatnya untuk melaksanakan ibadah pernikahan. Karena pernikahan dalam pandangan islam merupakan salah satu syarat sebagai penyempurna keagamaan seseorang. Ikatan pernikahan harus dimulai dari persiapan mental, persiapan finansial dan persiapan ilmu pengetahuan tentang pernikahan dan keluarga, agar calon pengantin dapat membina rumah tangga yang harmonis. Maka dari itu, calon pasangan pengantin harus mengikuti program layanan bimbingan pra nikah yang diadakan di Kantor Urusan Agama setempat. Karena bimbingan pra nikah sangat membantu calon pasangan yanng ingin melangsungkan pra nikah. Landasan Konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan. Karena bimbingan mengandung makna bantuan dan pelayanan, makna ini mengandung arti bahwa bimbingan mengakui adanya potensi setiap individu. Layanan bimbingan diperuntukkan bagi semua individu yang membutuhkan. Artinya bimbingan diperuntukkan bagi semua individu asal individu tersebut memiliki kemauan untuk bangkit dan lebih maju dari kondisi sebelumnya dan mampu mengaplikasikan serta mengembangkan dirinya secara optimal dalam proses perkembangan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses layanan bimbingan pra nikah dalam meningkatkan keharmonisan keluarga, (2) untuk mengetahui tujuan dari proses layanan bimbingan pra nikah yang dilakukan oleh pembimbing dan calon pengantin, (3) untuk mengetahui fungsi layanan bimbingan pra nikah yang dilakukan oleh pembimbing. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan berbagai kondisi, situasi atau berbagai fenomena yang terjadi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diteliti di penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Cileunyi sejauh ini sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Bahkan masyarakat kecamatan Cileunyi yang sudah mendaftarkan untuk menikah ke KUA sudah antusias untuk mengikuti bimbingan pra nikah. Karena program layanan bimbingan pra nikah sangatlah membantu calon pengantin dalam melatih mental dan calon pengantin dibekali ilmu dan pengetahuan seputar pernikahan dan keluarga. Supaya calon pasangan suami istri dalam membina rumah tangga terbentuk sikap saling membantu, saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain, sehingga akan tercipta keluarga yang harmonis. Bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Cileunyi dilaksanakan secara bimbingan kelompok dengan metode ceramah dan diskusi atau tanya jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan pranikah; keharmonisan; keluarga
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nida amelia
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:37
Last Modified: 08 Nov 2019 06:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item