Tradisi berbahasa kasar dalam komunikasi verbal dalam pandangan etika Al-Ghazali:Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan Aqidah dan Filsafat Islam angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fauziyah, Nur (2019) Tradisi berbahasa kasar dalam komunikasi verbal dalam pandangan etika Al-Ghazali:Studi kasus terhadap mahasiswa jurusan Aqidah dan Filsafat Islam angkatan 2016 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy

Abstract

Etika sudah menjadi suatu identitas seseorang untuk selalu mempertimbangkan perbuatan baik dan buruk bahkan dalam berkomunikasi. Berkembang pesatnya teknologi sudah mengubah pola bahasa saat berkomunikasi yang tidak sebanding dengan etika yang sudah menjadi suatu pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Dalam agama Islam tentunya mengajarkan kepada para umat-Nya untuk selalu berbicara dengan kata-kata atau bahasa yang santun kepada setiap orang, baik kepada orang tua, orang yang dihormati, dan teman. Maka penggunaan bahasa yang baik harus didasarkan dengan etika agar tercipta generasi yang berbudi pekerti baik di dunia maupun di akhirat khususnya bagi seorang pelajar dan mahasiswa. Al-Ghazali berpendapat bahwa etika adalah satu tindakan yang menjurus kepada keyakinan religius yang berkaitan dengan benar dan salah yang dapat diamalkan untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai bahasa verbal yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan penjelasan mengenai argumen-argumen tentang bahasa yang buruk saat berkomunikasi serta memberikan penjelasan solusi bagi permaslahan-permasalahan bahasa verbal saat berkomunikasi yang semakin jauh dari etika khususnya para pelajar dan mahasiswa. Ajaran teori Etika Al-Ghazali dapat dijadikan suatu solusi untuk mangatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh bahasa verbal, yaitu pentingnya berkomunikasi dengan bahasa-bahasa yang baik, sopan, santun, sesuai dengan syariat Islam untuk bisa diamalkan kepada yang lain dan mendapat banyak kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus dengan menggunakan analisis kualitatif untuk melihat secara langsung ke lapangan serta melakukan kegiatan wawancara. sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi langusung, studi kepustakaan atau dokumentasi. Menyertakan data seperti referensi buku-buku, Jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan tema penelitian untuk membantu data-data penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika;Bahasa Verbal;Al-Ghazali
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Nur Fauziyah
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:37
Last Modified: 08 Nov 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item